Berita seni Indonesia, seni rupa dan desain, seni pertunjukan, seni musik, film, fashion, fotografi, arsitektur, sastra>

Tim Departemen Kamera Dalam Produksi Film

Tim Departemen Kamera
Tim Departemen Kamera | doc. film Ambilkan Bulan

Dalam pembuatan film terdapat tim yang memiliki tanggung jawab besar untuk mendapatkan hasil visual terbaik saat produksi film, yakni Tim Departemen Kamera. Baik buruknya hasil visual yang terekam dalam kamera video maupun film ada di tanggannya, mulai dari perencanaan pencahayaan, mengatur komposisi, pemilihan format film, jenis kamera dan segala perlengkapan yang digunakan, termasuk dalam pemilihan sumber daya manusia yang akan dilibatkan.

Tim Departemen Kamera memiliki tugas memvisualisasikan semua adegan film sesuai dengan skenario atas arahan sutradara. Kemampuan menggambarkan cerita skenario ke dalam setiap shot sangat dibutuhkan dalam tim ini, untuk itulah penguasaan materi skenario dan kemampuan teknis dalam mengoperasikan peralatan yang digunakan sangat dibutuhkan. Selain itu kemampuan berkomunikasi dengan departemen lainnya juga tidak kalah penting agar proses pengambilan gambar bisa berjalan sesuai rencana, hal ini terkait dengan pola koordinasi yang dilakukan dengan tim lainnya.

Penguasaan lokasi pengambilan gambar juga diperlukan oleh tim departemen kamera, hal ini berguna untuk merancang pencahayaan dan mempersiapkan segala hal teknis yang akan dibutuhkan. Kebutuhan pengambilan gambar di tengah kota tentu akan berbeda dengan pengambilan gambar di medan yang sulit seperti gunung dang tengah pantai. Kerjasama tim departemen kamera dangan tim departemen lain dapat dimulai jauh hari sebelum proses produksi dilangsungkan, survey lokasi bersama sutradara dan bagian artistik dapat dilakukan untuk memutuskan lokasi mana yang layak dijadikan tempat pengambilan gambar sekaligus untuk memantaabkan perencanaan pengambilan gambar.

Tim Departemen Kamera
Tim Departemen Kamera | doc. film Ambilkan Bulan
Dalam produksi film besar, terdapat banyak crew yang dibutuhkan di tim departemen kamera. Tim tersebut terdiri dari :
  1. Sinematografer (Director of Photography/DoP), adalah seseorang yang paling dekat kedudukannya dengan sutradara. Dalam tim departemen kamera, dia memiliki keahlian spesialis mengenai kamera, pilihan lensa, format film dan juga pencahayaan. Seorang sinematografer bertanggung jawab penuh atas kualitas fotografi dan pandangan sinematik, sehingga diapun memiliki wewenang untukmembuat keputusan mengenai pemilihan alat, tipe pencahayaan dan teknik perekaman berdasarkan keinginan sutradara. Sinematografer memiliki kewenangan penuh untuk memberi pengarahan kepada timnya agar dapat berjalan sesuai perencanaan yang telah dibuat.
  2. Camera Operator,merupakan seseorang yang mengoperasikan kamera saat pengambilan gambar berlangsung. Seorang kamera operator akan merekam dan menghentikan rekamannya atas isyarat sutradara, ia sekaligus bertanggung jawab sepenuhnya pada instruksi dan perintah dari DoP. Dibeberapa produksi film skala kecil, pekerjan mengoperasikan kamera biasanya dilakukan langsung oleh sinematografer (DoP).
  3. Asisten Kameramen (askam), bertugas membantu camera operator untuk menyiapkan dan memastikan kelancaran dalam mengoperasikan kamera. Dalam produksi besar Asisten Kameraman terdiri dari beberapa orang yang bertugas melakukan pencatatan (camera report) dan ada yang mengoperasikan papan clapperboard.
  4. Film Loader. Dalam produksi film yang menggunakan seluloid, film loader bertugas memasang dan melepas gulungan film ke alat yang disebut magazine serta memasang dan melepas magazine tersebut pada kamera. Jika produksi film menggunakan format digital, film loader bertugas mengatur menejemen data video yang sudah dipindah rekam ke dalam media digital.
  5. Camera Production Assistant, merupakan seseorang yang bertugas untuk membantu segenap kru film serta mempelajari pekerjaan asisten cameramen maupun DoP.
  6. Digital Imaging Technician, Bertanggung jawab atas segala urusan teknis yang berkenaan dengan proses perekaman, khususnya apabila hasil rekaman akan diolah lagi di editing steadicam operator.
  7. Motion Control Technician, Adalah teknisi kamera yang mampu mengoperasikan alat stabilisasi gerakan kamera, misalnya penggunaan Steadycam, crane, doly track dll.

(Artikel Tim Departemen Kamera Dalam Produksi Film diolah dari berbagai sumber)



Kontak Informasi: info[at]beritaseni.com
Press Release & Kirim Artikel: redaksi[at]beritaseni.com
Media Partner & Iklan iklan[at]beritaseni.com

Mari berjejaring dengan kami di Facebook dan Twitter

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*