Berita seni Indonesia, seni rupa dan desain, seni pertunjukan, seni musik, film, fashion, fotografi, arsitektur, sastra>

SIAR SINEMA Keliling 5 Kota di Jawa Timur

LENSA MATA akan menggelar program pemutaran, pelatihan apresiasi dan teknis pemutaran film bertajuk SIAR SINEMA 2014. Program yang fokus pada film pendek fiksi dan dokumenter Indonesiadi tersebut akan diselenggarakan di 5 (lima) kota Jawa Timur, diantaranya di Kota Kediri(13&14/9), Gresik(20/9), Lumajang(24/9), Jember(27/9) dan berakhir di Malang(1/10).

Keseluruhan program SIAR SINEMA 2014 terselenggara berkat dukungan dari KEMENDIKBUD dan Badan Perfilman Indonesia (BPI) bekerjasama dengan Info Film Malang dan Jantung Hati. LENSA MATA (Lentera Sinema Mandiri Malang Kota) merupakan Komunitas yang fokus pada distribusi, eksibisi, dan workshop film sejak 13 Juni 2006.

Siar SInema 2014
poster Siar SInema

“Membuka ruang-ruang baru guna mengenalkan, berbagi dan belajar bersama mengenai film pendek Indonesia, menambah jejaring pelaku film dan mencari potensi karya baru di Jawa Timur, serta mengajak masyarakat luas untuk menjadi lebih dekat dengan film pendek tanpa terlepas dari memberi edukasi maupun hiburan” ucap Nashiru Setiawan selaku Programmer SIAR SINEMA 2014.

Beberapa rangkaian acara SIAR SINEMA 2014, yaitu Pemutaran Layar Tancap untuk mengenalkan, memberi hiburan dan edukasi mengenai film pendek serta sebagai media praktek dari hasil workshop teknis pemutaran kepada masyarakat luas.

Apresiar Sinema yang merupakan workshop apresiasi film untuk berbagi dan belajar bersama tentang film pendek, dirancang untuk para pelajar SMA/SMK/sederajat dan komunitas film. Cari Film, program kompetisi yang khusus bertujuan untuk mencari karya-karya baru di lima kota di Jawa Timur, baik dari kalangan pelajar maupun komunitas film.

Akan ada penghargaan Film Fiksi Pendek dan Film Dokumenter Pendek Terpilih yang akan dipilih oleh tiga juri, antara lain Adrian Jonathan (Kritikus Film dari Cinema Poetica – Jakarta), Suryo Wiyogo (Founder Hide Project – Yogyakarta) dan Astu Prasidya (Sutradara Film – Malang).

Peta Siar Sinema 2014
Peta Siar Sinema 2014

Dilanjutkan dengan Parade Siar Sinema, puncak serangkaian acara SIAR SINEMA 2014. Pada acara ini nantinya akan memutarkan film hasil dari program “Cari Film” yang telah lolos. Mengusung konsep layar tancap sebagai bentuk apresiasi terhadap salah satu situs bersejarah perjalanan sinema Indonesia khususnya di Kota Malang, Parade Siar Sinema ini akan diadakan Rabu, 1 Oktober 2014 di EX-Bioskop Kelud.

Namun, sebelumnya untuk mengakrabkan film-film pendek di ruang publik dan lintas kolektif kreatif di Kota Malang diadakan pula pemutaran #MondayMovie bekerjasama dengan Ibu House dan Malang Sub Pop pada hari Senin, 29 September 2014 yang juga diisi dengan Konferensi Pers bersama Aprilingga Dani (Ketua Pelaksana), Arfan Adhi Perdana (Penanggung Jawab), Arief Akhmad Yani (Pendiri LENSA MATA) dan Novi Andriyanti (Tim Program).

Untuk informasi lebih lanjut mengenai program acara SIAR SINEMA 2014 dapat diakses melalui :
blog : siarsinema.wordpress.com,
twitter: @siarsinema
facebook: Siar Sinema


Kontak Informasi: info[at]beritaseni.com
Press Release & Kirim Artikel: redaksi[at]beritaseni.com
Media Partner & Iklan iklan[at]beritaseni.com

Mari berjejaring dengan kami di Facebook dan Twitter

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*