Berita seni Indonesia, seni rupa dan desain, seni pertunjukan, seni musik, film, fashion, fotografi, arsitektur, sastra>

ScreenDocs! Regular #1 : Membaca Realitas

screendocs

ScreenDocs! Regular, merupakan program pemutaran film dokumenter yang diadakan sebulan sekali di Gedung Kesenian Solo (GKS). Dalam pemutaran perdana ini, GKS bekerjasama dengan InDocs dan Gothe Institut Indonesia mengangkat tajuk “Membaca Realitas” dengan menyuguhkan tiga film dari belanda dan Indonesia. Acara ini diselenggarakan pada hari Jumat 22 Oktober 2010 Jam 19.00 – 22.00 WIB di Gedung Kesenian Solo, Jl. Slamet Riyadi 275Sriwedari Solo.


OPGELUCHT (RELIEVED)
Aliona Van Der Horst/ Dokumenter/15 menit/Belanda/2003
Perjuangan seseorang untuk bisa menjadi diri sendiri setelah mengetahui dirinya berbeda dengan yang lain. Status yang terkadang masih dianggap tabu di masyarakat membutuhkan keberanian yang kuat untuk bisa berkata jujur dan terbuka pada orang lain, termasuk kepada keluarga dan orang-orang terdekat yang dicintainya.

DE DAG DAT IK BESTLOOD NINA TE ZUN (THE DAY I DECIDED TOBE NINA)
Ingebore Janson/Dokumenter/15 Menit/Belanda/2000
Sejak kecil hasrat untuk tampil beda selalu ada, bukan karena tren dan sekedar gaya seseorang berperilaku sesuai dengan apa yang diinginkan, termasuk dalam merubah nama untuk mendapatkan identitas baru.

THE LAST BISSU
Rinoda Grauer/Dokumenter/57 Menit/Indonesia/2004
Mempertahankan adat tradisi dari masuknya budaya baru sering menimbulkan konflik hingga sesuatu yang semula dianggap sakral lambat laun makin terkikis oleh penyeragaman pendapat. Menjadi seorang Bissu yang dapat memimpin upacara-upacara adat harus siap mempertaruhkan jiwa raganya karena ideologi yang berlawanan masih sering memicu seseorang maupun kelompok untuk melakukan tindakan yang radikal, tapi bagaimanapun juga untuk sebagian orang tradisi akan tetap dipertahankan apapun resikonya.

Mari Bergabung 🙂



Kontak Informasi: info[at]beritaseni.com
Press Release & Kirim Artikel: redaksi[at]beritaseni.com
Media Partner & Iklan iklan[at]beritaseni.com

Mari berjejaring dengan kami di Facebook dan Twitter

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*