Berita seni Indonesia, seni rupa dan desain, seni pertunjukan, seni musik, film, fashion, fotografi, arsitektur, sastra>

Prison and Paradise Karya Dari Daniel Rudi

Prison and Paradise merupakan karya dokumenter dari Daniel Rudi yang bercerita tentang dampak sosial dan ekonomi dari bom bunuh diri di Bali. Film ini diproduksi sejak tahun 2003 sampai 2010 dengan melakukan berbagai wawancara dengan pelaku Bom Bali 1, Imam Samudra, Ali Gufron a.k.a Muklas, Amrozi dan Ali Imron selama 14 jam di Bali. 

seperti yang telah dilangsir dari kapanlagi.com, menurut Daniel Rudi film Dokumenter Prison and Paradise menghadirkan diskursus baru tentang pembahasan terorisme. Masyarakat hari ini dihadapkan pada realitas dan potensi konflik yang berakar pada pemahaman agama yang tidak terbahas secara mendalam. Film ini dibuat untuk menyodorkan suatu pembahasan kepada setiap pihak yang terseret dalam konflik global terorisme. Maka distribusi gagasan perdamaian itu dilakukan melalui film ini.

Dokumenter Prison and Paradise
Prison and Paradise

Beberapa prestasi bergensi yang pernah diperoleh film Prison and Paradise diantaranya di World Premiere dan kompetisi di Dubai International Film Festival 2010, VIBGYOR Film Festival di India, Korea Premiere dan kompetisi di CINDI (Cinema Digital), Film Festival di Korea Selatan Agustus 2011, Asia Pacific Screen Award di Gold Coast Australia, November 2011.

Sinopsis lengkap Prison and Paradise

Bom Bali 2002 telah mengubah wajah Indonesia secara signifikan, menyisakan perdebatan panjang tentang jihad, gerakan Islam, terorisme dan kemanusiaan.

Dua keluarga dengan latar belakang agama Islam yang sama, yang satu adalah keluarga pelaku, yang kedua, adalah keluarga korban. Apakah mereka memiliki pandangan jihad yang sama? Pada kenyataannya, aksi bom bunuh diri di Indonesia melahirkan anak-anak yatim baru baik yatim dalam arti sesungguhnya, maupun yatim secara sosial. Surga dan penjara tiada bedanya.

Noor Huda Ismail, seorang wartawan The Washington Post dan alumni Pondok Pesantren Al-Mukmin Ngruki adalah teman dari Mubarok. Kegelisahannya menceritakan semua hal ini.

Bom Bali 1 menelan korban jiwa sebanyak 202 orang dari berbagai kewarganegaraan. Selain itu, peristiwa ini juga mengakibatkan trauma sosial dan trauma psikologis bagi para korban yang masih hidup. Australia 88, Indonesia 38 (kebanyakan suku Bali), Britania Raya 26, Amerika Serikat 7, Swedia 5, Belanda 4, Perancis 4, Denmark 3, Selandia Baru 3, Swiss 3, Brasil 2, Kanada 2, Jepang 2, Afrika Selatan 2, Korea Selatan 2, Ekuador 1, Yunani 1, Italia 1, Polandia 1, Portugal 1, dan Taiwan 1.

 

Judul film : Prison and Paradise
Produser : Daniel Rudi
Sutradara : Daniel Rudi
Penulis Naskah : Daniel Rudi
Produser Pelaksana : Agustya Herdwiyanto
Sinematografer / Operator Kamera : Daniel Rudi, Igk. Ktut Trisna Pramana
Penyunting Adegan : Harry Setiawan
Penata Musik : Indrawan Tepe
Penata Suara : Crossface Studio Jakarta


Kontak Informasi: info[at]beritaseni.com
Press Release & Kirim Artikel: redaksi[at]beritaseni.com
Media Partner & Iklan iklan[at]beritaseni.com

Mari berjejaring dengan kami di Facebook dan Twitter

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*