Berita seni Indonesia, seni rupa dan desain, seni pertunjukan, seni musik, film, fashion, fotografi, arsitektur, sastra>

Perdesaan Sehat Gelar Kompetisi Film Pendek

Perdesaan Sehat menggelar Kompetisi Film Pendek untuk kategori film dokumenter dengan tema “Percepatan Pembangunan Kualitas Kesehatan Berbasis Perdesaan di Daerah Tertinggal”. Pelaksanaan kegiatan di mulai dari tanggal 13 Juli 2014 s/d 31 Oktober 2014. Adapun penerimaan hasil karya paling lambat 31 Oktober 2014 pukul 18.00 Wib.

Kompetisi Film Pendek ini merupakan satu bagian dari rangakaian kegiatan Jambore Perdesaan Sehat 2014 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal Republik Indonesia. Acara ini dilaksanakan di kota Makasar provinsi Sulawesi Selatan. Beberapa rangkaian kegiatan yang dilaksanakan Jambore Perdesaan Sehat 2014 diantaranya : Perdesaan Sehat Award, Kompetisi Foto Perdesaan Sehat, Kompetisi Penulisan Blog, Kompetisi Film Pendek dan Apresiasi Twitter.

Jambore Perdesaan Sehat
Jambore Perdesaan Sehat

Tujuan diselenggarakannya Kompetisi Film Pendek ini adalah untuk mengajak peran serta masyarakat dalam memberikan kontribusi pemikiran lewat tayangan film dokumenter pemberdayaan bagi percepatan pembangunan kualitas kesehatan berbasis perdesaan di daerah tertinggal dan mengajak peran serta masyarakat dalam mendukung (sosialisasi) konsep dan implementasi kegiatan Perdesaan Sehat di Daerah Tertinggal.

Rangkaian acara Kompetisi Film Pendek yang terdiri dari presentasi, pemutaran dan diskusi film diharapkan dapat memberikan tontonan bermanfaat kepada masyakat umum, untuk memetik pelajaran dari film yang disaksikannya, hingga pada masalah teknis dan non teknis dari pembuatan film dokumenter berdurasi pendek, serta tantangan dan peluang dari film berdurasi pendek.

Perdesaan Sehat adalah salah satu instrumen fasilitasi koordinasi pelaksanaan kebijakan percepatan pembangunan kualitas kesehatan berbasis perdesaan di daerah tertinggal (Perdesaan Sehat) dalam rangka pencapaian sasaran Prioritas Nasional (PN) 3 Kesehatan di daerah tertinggal, terdepan, terluar dan paska konflik (PN 10).

Kegiatan Perdesaan Sehat dikembangkan berdasarkan identifikasi dan analisis terhadap fakta dan masalah kesehatan yang terjadi di daerah tertinggal. Arah kebijakan percepatan pembangunan kualitas kesehatan yang bertumpu pada Kapasitas Lembaga dan Infrastruktur pelayanan kesehatan dasar di wilayah perdesaan daerah tertinggal.

Berdasarkan hal itu, maka ajang Kompetisi Film Pendek menjadi bagian penting dari apresiasi masyarakat (umum)­ dalam mengambil peran pada pengembangan konsep Perdesaan Sehat untuk sekarang maupun di masa mendatang.

Persyaratan Peserta Kompetisi Film Pendek di Jambore Perdesaan Sehat 2014 :
  1. Kompetisi ini terbuka untuk umum, dan Warga Negara Indonesia (WNI) yang dibuktikan melalui fotocopy kartu identitas yang berlaku (KTP, SIM, Paspor, Kartu Pelajar, Kartu Mahasiswa), dengan usia minimum 15 tahun, serta TIDAK dipungut biaya apapun.
  2. Format karya film dapat dalam bentuk file MP4, AVI, MKV dengan durasi maksimal 15 menit dan minimal 10 menit. Film yang dibuat hendaknya terkait dengan konsep/tema: Perdesaan Sehat yang dikaitkan dengan 5 Pilarnya (Dokter Puskesmas, Bidan Desa, Air Bersih, Sanitasi, Gizi)
  3. Pembuatan film dokumenter dapat merupakan film yang dibuat langsung (alamiah/natural) atau yang dibuat dengan skenario/frakmentasi
  4. Karya film harus sesuai tema dan tidak berbau/menyinggung SARA
  5. Karya film harus asli (orisinil), tidak plagiat, tidak diperkenankan sedang berpartisipasi dalam acara sejenis dan belum pernah memenangkan penghargaan serupa pada kegiatan lain
  6. Penyelenggaraan dan perdesaan Sehat tidak bertanggung jawab atas tuntutan apapun dengan pihak ketiga terkait dengan materi dalam film seperti tokoh, pemeran dalam film, property, dan lain sebagainya. Tanggung jawab sepenuhnya hanya pada peserta kegiatan ini.

Ketentuan Peserta

  1. Peserta kegiatan ini harus terdaftar sebagai follower Twitter Perdesaan Sehat: @Perdesaan_Sehat
  2. Peserta kegiatan ini untuk UMUM. Khusus mahasiswa/pelajar dapat berkelompok dengan maksimal beranggotakan 3 orang terdiri dari mahasiswa/i, dan dapat berbeda dari berbagai angkatan dan fakultas/jurusan tapi masih dalam satu institusi (namun pada saat presentasi hanya diwakilkan dalam 1/satu orang peserta)
  3. Tidak dipungut biaya apapun
  4. Peserta melampirkan identitas berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP), Daftar Riwayat Hidup (termasuk alamat surat dan nomor HP yang dapat dihubungi). Setiap peserta maksimal mengirimkan 3 (satu) karya film
  5. Karya film dikirimkan ke sekretariat alamat panitia dalam bentuk DVD (Cakram) dan/atau Flashdisk, ditujukan ke contact person (CP/PIC) panitia.
  6. Informasi terkait kegiatan ini dapat menghubungi Cp/PIC: Ardhe, HP 0818422172 PinBB 7406808E, untuk pengiriman karya via E-Mail: satriaphd@gmail.com
  7. Peserta yang terbaik tiap kategori akan dihubungi panitia dengan media komunikasi yang dianggap efektif/tersambung (via telp, email atau pos)
  8. Pemenang 1, 2 dan 3 akan menunjuk wakilnya untuk melakukan presentasi pada kegiatan Festival Film Pendek saat Jambore Perdesaan Sehat 2014 (biaya perjalanan dan akomodasi akan disediakan)
  9. Pemenang 1, 2 dan 3 dan pemenang harapan 1, 2 dan 3 akan diberikan hadiah uang dan piagam penghargaan (pajak ditanggung peserta)
  10. Pemenang akan diumumkan paling lambat 7 (tujuh) hari setelah kegiatan penjurian oleh dewan juri (penjurian 4-5 November 2014)
  11. Pemenang 1, 2, 3 akan diberikan hadiah uang dan piagam penghargaan (pajak ditanggung peserta). Khusus pemenang yang diundang sebagai peserta dalam kegiatan Jambore Perdesaan Sehat di kota Makassar Sulsel (akomodasi dan transportasi disediakan panitia, tidak dapat diwakili dan diuangkan)
  12. Peserta kompetisi tidak diperkenan dari lingkungan KPDT
  13. Semua hasil karya film yang masuk ke panitia, akan menjadi hak panitia. Panitia berhak mengubah tanpa mengurangi arti dan menerbitkan, namun tetap menyebutkan sumber/pembuat aslinya
  14. Keputusan/ketetapan panitia/dewan juri tidak dapat diganggu dan digugat
  15. Ketentuan yang lainnya yang dianggap penting namun belum termasuk dalam ketentuan ini, maka akan diatur kemudian.

Hadiah Kompetisi

Juara I : Rp. 7.000.000 + Piagam + Akomodasi dan Tiket PP

Juara II : Rp. 5.000.000 + Piagam + Akomodasi dan Tiket PP

Juara III : Rp. 3.500.000 + Piagam + Akomodasi dan Tiket PP

Juara IV : Rp. 500.000 + Piagam

Juara V : Rp. 500.000 + Piagam

Juara VI : Rp. 500.000 + Piagam

(Pajak ditanggung pemenang)

Informasi lengkap tentang Kompetisi Film Pendek di Jambore Perdesaan Sehat 2014 dapat menghubungi :
 Ardhe
HP 0818422172
PinBB 7406808E,
E-Mail: satriaphd@gmail.com
Info Lengkap www.jambore.perdesaansehat.or.id


Kontak Informasi: info[at]beritaseni.com
Press Release & Kirim Artikel: redaksi[at]beritaseni.com
Media Partner & Iklan iklan[at]beritaseni.com

Mari berjejaring dengan kami di Facebook dan Twitter

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*