Berita seni Indonesia, seni rupa dan desain, seni pertunjukan, seni musik, film, fashion, fotografi, arsitektur, sastra>

Pemutaran Keliling: One Shot Project

One Shot Project digagas untuk memberikan penghargaan terhadap seniman-seniman besar dari berbagai bidang kesenian (seni rupa, seni musik, seni tari, film, teater, sastra) yang meninggal dunia paska reformasi tahun 1998, yang telah memberikan sumbangan besar pada perkembangan bidang seni masing-masing dan meninggalkan berbagai macam karya seni yang inovatif, menginspirasi, atau berpengaruh pada pergerakan anak muda, atau berpengaruh pada kondisi sosial ekonomi politik di Indonesia dan dunia.

Setiap film yang terlibat di proyek ini memiliki satu syarat atau ciri khusus, yaitu hanya terdiri dari satu shot utuh (one take one shot), tanpa pengulangan waktu (flashback, non linear), tanpa teknik zoom dan tracking dalam kamera, tanpa teknik cutting dalam editing (cut to), serta teknik apapun dalam film yang tidak dapat dilakukan dalam kehidupan yang sebenarnya. Ini diilhami dari pola kehidupan pada umumnya yang hanya terjadi sekali bagi setiap manusia dan mahluk hidup. Tentunya dalam kehidupan nyata tidak terjadi potongan atau sambungan pandangan seperti dalam teknik editing (cut to), dan mata tidak mempunyai kemampuan bergerak seperti zoom dan tracking seperti dalam teknik kamera. Dan juga dalam kehidupan nyata waktu selalu berjalan maju (linear), tidak ada pengulangan yang tipikal (flashback, non linear) seperti dalam sebuah karya film pada umumnya.

Karya Suzanna Di Warung Kopi
Karya yang secara sederhana dikemas dengan cara pendekatan perekaman yang amatir mengenai kegiatan sehari-hari/percakapan sehari-hari tentang para tokoh. Adanya obrolan-obrolan tentang Fidel Castro, Warkop, dan Suzanna menjadi penguat dalam karya ini untuk konsisten terhadap tema.

Agni Tirta | Yogyakarta
Lelaki kelahiran 23 Nopember 1985 ini, tercatat telah memproduksi beberapa film pendek di kampusnya dan sempat menjadi karyawan sebuah rental VCD ternama di Yogyakarta. Sekarang aktif bekerja di bidang multimedia.

Kali Lonthe
Perasaan menyenangkan timbul saat mendengarkan cerita-cerita unik seniman melalui kenangan seorang sopir yang terekam dengan cara sederhana dalam suatu perjalanan. Mengingatkan pada film Jalan Raya Pos yang memiliki cara yang alternative untuk sebuah film dokumenter. Karya ini merekam dari orang yang memiliki “tribute” atau semacam kenangan yang kemudian seperti menjadi obrolan nostalgia.

Surya Adhi Wibowo | Yogyakarta
Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta ini dikenal sebagai penata kamera di beberapa produksi film pendek. Saat ini sedang berusaha mengembangkan production house bersama rekannya serta menyelesaikan film dokumenter yang sempat tertunda.

Pamflet Elektronik
Selain menggunakan pendekatan perekaman mengenai kegiatan sehari-hari, di dalam karya ini dapat dilihat bagaimana si pembuat beraktifitas, seperti menggunakan internet dan menonton televisi. Karya ini juga mempunyai gaya tersendiri dalam menyampaikan informasi.

Gelar Agyano Soemantri | Jakarta
Pemuda kelahiran Cianjur 24 tahun yang lalu ini, tercatat telah memproduksi beberapa video yang telah diputar di berbagai festival termasuk Rotterdam International Film Festival. Hingga kini aktif di Forum Lenteng.

Ketika Dia Pergi
Karya ini dikemas secara sederhana dan kreatif tetapi sangat unggul dibanding karya-karya yang lain karena bisa menyentuh perasaan meskipun kita sama sekali tidak mengenal tokoh tersebut. Punya pilihan cara yang berbeda dalam menyampaikan informasi.

Dewi Kusumawati | Cilacap
Perempuan kelahiran Wonogiri pada 18 Maret 1980 ini sekarang sibuk menjadi ibu rumah tangga dan membesarkan anak semata wayangnya serta mengembangkan komunitas Sangkanparan bersama suami tercintanya.

JADWAL

CILACAP. 16 Oktober 2010
Kelurahan Lomanis, Jl. Thamrin, Cilacap. Kontak: Insan Indah Pribadi 08121563110

YOGYAKARTA. 16 Oktober 2010
Dreamlight, Jl. Ketandan No. 4, Yogyakarta. Kontak: Suryo Adhi Wibowo: 08562961180

JAKARTA. 16 Oktober 2010
Forum Lenteng, Jl. Raya Lenteng Agung No. 34 Lenteng Agung, Jakarta. Kontak: Andang Kelana: 021 78840373

SOLO. 17 Oktober 2010
Gedung Kesenian Solo, Jl. Slamet Riyadi 275, Solo. Kontak: Joko Narimo 087836676268

PURWOKERTO. 19 Oktober 2010
Kongkow Café, Jl. Prof Dr Bunyamin Ruko B-C, Purwokerto. Kontak: Bowo Leksono 08128062020

SEMARANG. 20 Oktober 2010
Green Cafe, Jl. Banjarsari Selatan Tembalang, Semarang. Kontak: Laura Simatupang 085225277460

MALANG. 20 Oktober 2010
Galeri Foto MAMIPO, Jl. Kediri 4, Malang. Kontak: Arief Ahmad Yani 085655501643

SURABAYA. 23 Oktober 2010
Cirkel Café @CCCL, Jl Darmokali 10, Surabaya. Kontak: Dedy 085648425110

BALI. 26 Oktober 2010
Griya Musik Irama Indah, Jl. Diponegoro 114, Denpasar. Kontak: Lindia 08814625096

———————

One Shot Project 2010
Bayu Bergas
Publicist
+6281327221190
bayu.bergas@gmail.com

Website:
www.oneshotproject.in



Kontak Informasi: info[at]beritaseni.com
Press Release & Kirim Artikel: redaksi[at]beritaseni.com
Media Partner & Iklan iklan[at]beritaseni.com

Mari berjejaring dengan kami di Facebook dan Twitter

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*