Berita seni Indonesia, seni rupa dan desain, seni pertunjukan, seni musik, film, fashion, fotografi, arsitektur, sastra>

Pemutaran Film : Spirit dan Simbol Orang Jawa

Pemutaran dan diskusi film dengan tajuk Spirit dan Simbol Orang Jawa di HOTDOC #3 akan diadakan pada hari kamis 9 Juli 2009 di Kedai Ide Jl.Melati No 7 Purwosari Solo, Matakaca sebagai jaringan sinema di Surakarta akan memutar tiga film dokumenter karya sineas muda Surakarta yang bertemakan tentang spirit dan simbol orang jawa.

Acara yang akan berlangsung mulai jam 19.00-22.00 WIB ini akan menyajikan film The Secret of Placenta sutradara Daniel, Dikala Rembulan Suro sutradara Tunggul Banjaransari dan Ngleluri,Memetri lan Nguri-uri Aksara Jawa Sutradara Reza Istiawan. Tiga film dengan total durasi 58 menit ini akan diputar dan dilanjutkan dengan ngobrol bersama dengan filmmakernya.

Adapun Judul danSinopsis film dalam pemutaran bertajuk Pemutaran dan diskusi film dengan tajuk Spirit dan Simbol Orang Jawa di HOTDOC #3 ini diantaranya :

Pemutaran dan curhat film
Hari Kamis 9 Juli 2009 jam 19.00-22.00 WIB
Di Kedai Ide, Jl Melati No.7 (Utara RS Kasih Ibu) Purwosari Solo
Mengusung 3 karya film Dokumenter :

“Dikala Rembulan Suro”
Dokumenter/18menit/tunggul

banjaransari
Pak Bandi (abdi dalem keraton) dan Bu Sutrasni (warga sipil) menjadi simbol keharmonisan dan keagungan dari upacara tradisi suro. Dalam film ini mencoba menguak kedinamisan kota Solo lewat terjaganya kewibawaan keraton melalui suro.
“The Secret of Placenta”
Dokumenter/15 menit/daniel
Sedulur papat limo pancer. Sebuah simbol dan ritual jawa yang sering kita lewatkan keberadaannya

“Ngleluri,Memetri lan Nguri-uri Aksara Jawa”
Dokumenter/25 menit/Reza Istiawan

Aksara Jawa masih menjadi bagian dari budaya masyarakat jawa..Makna dan nilai apakah yang terkandung didalamnya?sehingga orang jawa harus menjaga keberadaannya?



Kontak Informasi: info[at]beritaseni.com
Press Release & Kirim Artikel: redaksi[at]beritaseni.com
Media Partner & Iklan iklan[at]beritaseni.com

Mari berjejaring dengan kami di Facebook dan Twitter

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*