Berita seni Indonesia, seni rupa dan desain, seni pertunjukan, seni musik, film, fashion, fotografi, arsitektur, sastra>

Naskah Skenario Film, Pengertian dan Fungsinya

Pengertian dan fungsi naskah skenario film merupakan pengetahuan dasar yang harus diketahui oleh siapapun yang tertarik untuk berkecimpung dalam penulisan skenario. Hal ini menjadi penting karena secara teknis, penulisan naskah skenario film memiliki banyak perbedaan dengan menulis cerpen dan novel.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia : Skenario adalah rencana lakon sandiwara atau film berupa adegan demi adegan yg tertulis secara terperinci. Menurut Wikipedia: Skenario, adegan layar (screenplay) atau naskah film ialah cetak biru yang ditulis untuk film atau acara televisi. Skenario dapat dihasilkan dalam bentuk olahan asli atau adaptasi dari penulisan yang sudah ada seperti hasil sastra.

Dari pengertian tersebut maka dapat ditarik kesimpulan bahwa, Skenario adalah sebuah naskah cerita yang menguraikan urut-urutan adegan, tempat, keadaan, dan dialog, yang disusun dalam konteks struktur dramatik untuk menjadi acuan dalam proses produksi.

Selain sebagai bahan acuan dalam proses produksi, naskah skenario film juga berfungsi sebagai Bahan dasar untuk menyatukan persepsi antara produser dan para kru film tentang film yang akan diproduksi. Sehingga dapat meminimalkan perbedaan penafsiran dan menjadi dasar perencanaan yang jelas.

Banyak aturan yang harus dipenuhi dalam penulisan naskah skenario film, sehingga apa yang sudah ditulis bisa diterjemahkan secara tepat dalam proses produksi. Formatnya disusun sedemikian rupa sehingga 1 halaman biasanya menghabiskan waktu 1 menit. Tulisan standar untuk skenario adalah Courier ukuran 12.

Elemen-elemen penting terkait keterangan visualisasi film dalam naskah akan sangat berpengaruh pada persiapan dan keseluruhan proses produksi film. Biasanya sebelum produksi film, naskah skenario film yang sudah jadi akan diberikan kepada Produser, Manager Produksi dan Staf, Sutradara dan Staf, Penata Artistik dan Staf , Juru kamera, Penata Suara, Aktor dan Aktris, Pengarah Musik, dan Editor untuk dipelajari.

Membuat film merupakan rangkaian kegiatan panjang, dimulai dari pra produksi, produksi dan pasca produksi. Menulis naskah skenario film menjadi salah satu bagian awal yang penting dari keseluruhan proses produksi film tersebut.

Dalam menulis naskah skenario film, seorang penulis dituntut mampu menerjemahkan setiap kalimat dalam naskahnya menjadi sebuah gambaran imajinasi visual yang dibatasi oleh format pandang layar bioskop atau televisi, oleh karena itu kreativitas sangat penting dalam proses penulisan.

Kreativitas dan gagasan segar sangat dibutuhkan selama menyusun ide cerita menjadi naskah skenario film. Dengan adanya kreativitas dan gagasan-gagasan baru tersebut diharapkan akan muncul cerita-cerita film yang beragam, tidak monoton dan dapat meminimalisir munculnya plagiatisme.

Semakin berkembangnya dunia hiburan, kebutuhan naskah skenario semakin besar. Bukan hanya naskah untuk film saja, namun juga naskah skenario untuk berbagai acara televisi, termasuk iklan. Apalagi sampai saat ini pasokan penulis skenario (Screenwriter ) yang berkualitas di Indonesia masih sangat sedikit.

Mengetahui pengertian dan fungsi naskah skenario film hanyalah langkah awal, proses selanjutnya adalah bagaimana seorang calon penulis berani memulai menulis naskah Skenario.



Kontak Informasi: info[at]beritaseni.com
Press Release & Kirim Artikel: redaksi[at]beritaseni.com
Media Partner & Iklan iklan[at]beritaseni.com

Mari berjejaring dengan kami di Facebook dan Twitter

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*