Berita seni Indonesia, seni rupa dan desain, seni pertunjukan, seni musik, film, fashion, fotografi, arsitektur, sastra>

Memilih Target Penonton Film Secara Tepat

Memilih target penonton film secara tepat dapat dilakukan setelah filmmaker menentukan segmentasi penonton. Setelah penonton dapat terdefinisi ke beberapa segmen, langkah selanjutanya melakukan evaluasi untuk menentukan target utama, target skunder maupun tersier penonton film.

Pertimbangan untuk memilih target penonton bisa dilakukan berdasarkan daya tarik mereka, apakah segmen yang ditarget tersebut benar-benar potensial dan memiliki karakteristik yang sesuai dengan apa yang diharapkan atau tidak. Pertimbangan lainnya yaitu terkait kesesuaian tujuan film dibuat dengan target penonton, juga persiapan sumberdaya yang dimiliki filmmaker untuk menyasar target tersebut.

Memilih Target Penonton Film Secara Tepat
segmentasi dan targeting
Dalam memilih target penonton ada beberapa hal yang bisa dijadikan bahan pertimbangan untuk dilakukan, diantaranya :
  1. Tim marketiing maupun filmmaker melakukan survey keadaan pasti penonton di segmen yang dituju. Hal ini dimaksudkan untuk memastikan proses distribusi dan promosi yang akan dilakukan dapat berjalan dengan baik sehingga tidak salah sasaran.
  2. Tim Marketing harus mempertimbangkan situasi persaingan, yang secara langsung atau tidak langsung dapat mempengaruhi daya tarik target penonton, hal ini biasanya terkait dengan timing film yang akan diluncurkan. Beberapa faktor yang dipertimbangkan disini antara lain ; ada berapa film sejenis yang akan beredar pada saat yang sama, potensi masuknya film luar (contoh film holywood) yang lebih populer, hambatan masuk industri, dan lain sebagainya.
  3. Untuk dapat bersaing dengan film lainnya, proses memilih target penonton juga harus didasarkan pada keunggulan kompetitif film yang akan didistribusikan. Keunggulan kompetitif merupakan cara untuk mengukur apakah film yang dibuat memiliki kekuatan dan daya tarik yang cukup  memadai untuk menguasai segmen penonton yang dipilih sehingga memberikan value bagi mereka. Untuk menghasilkan value yang unggul tidak cukup hanya memiliki sumber daya promosi yang memadai, tetapi film juga harus memiliki kontent cerita yang menarik, teknis produksi yang baik, harga yang kompetitif, dan keunggulan kompetitif lainnya sehingga film “benar-benar beda” (diferensiasi) untuk dapat menarik penonton potensial.
target market
Ilustrasi target market | Sumber : theentreprenettegazette.com

Dengan menggunakan beberapa pertimbangan diatas filmmaker dan timnya diharapkan dapat memilih target penonton yang memiliki kesesuaian film yang diproduksi dengan segmen penonton yang tepat. Setelah proses segmentasi penonton dan pemilihan target dilakukan, proses selanjutnya adalah menentukan dan memperkuat posisioning film saat promosi



Kontak Informasi: info[at]beritaseni.com
Press Release & Kirim Artikel: redaksi[at]beritaseni.com
Media Partner & Iklan iklan[at]beritaseni.com

Mari berjejaring dengan kami di Facebook dan Twitter

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*