Berita seni Indonesia, seni rupa dan desain, seni pertunjukan, seni musik, film, fashion, fotografi, arsitektur, sastra>

Macam-Macam Pensil dan Fungsinya

Sejak memasuki bangku sekolah, kita semua sudah akrap dengan pensil terutama dengan inisial 2B. Nah…ternyata alat ini memiliki berbagai jenis berdasarkan spesifikasi tertentu sesuai dengan fungsinya.

Pensil kebanyakan digunakan sebagai alat gambar, meskipun tidak sedikit pula yang menggunakannya sebagai alat tulis. Bagi para perupa, tak sedikit yang memanfaatkan alat ini sebagai media untuk mengungkapkan ekspresinya. Dengan alat ini banyak terlahir karya-karya unik yang memiliki nilai artistik cukup tinggi, bahkan tak kalah menarik jika dibandingkan dengan media lukis lainnya.

Berkarya dengan menggunakan pensil, juga sering disebut dengan teknik kering, berbeda dengan dengan teknis basah yang membutuhkan bahan pendukung seperti air atau minyak.

Untuk hasil yang terbaik dalam membuat karya seni, kita perlu tahu berbagai macam jenis pensil dan fungsinya. Berikut spesifikasinya.

Macam-macam pensil berdasarkan tingkat kekerasannya

1. Lunak

Jenis ini biasanya ditandai dengan kode-kode seperti 2b, 3b, 4b, 5b, 6b, dan 7b. Semakin besar angka di depan huruf B (Black), semakin lunak kepadatannya dan semakin pekat warna hitamnya.

2. Sedang

Jenis pensil sedang ini tidak begitu keras dan tidak begitu lunak, biasanya jenis ini juga digunakan untuk menulis dan biasyanya ditandai dengan huruf dan angka seperti H, HB, F, B, 2H, dan 3H.

B=black, HB= Half black, H= hard, F= firm

3. Keras

Pensil dengan kepadatan yang keras, biasanya digunakan untuk membuat sketch bangunan karena memiliki efek warna yang tidak begitu gelap bahkan cenderung berwarna abu-abu. Jenis ini biasanya ditandai dengan kode huruf dan angka 4H, 5H, 6H, 7H,8H, 9H

H= hard

Macam-macam pensil berdasarkan tingkat kehitaman dan fungsinya

Pensil dengan kode-kode yang sudah dijelaskan di atas, memiliki tingkat kehitaman yang berbeda-beda.

Pensil dengan tingkat ketebalan rendah seperti H, B, HB,  dan 2B lebih sering digunakan untuk membuat sket awal atau gambar rancang. Untuk tingkat ketebalan sedang seperti 3B, 4B, dan 5B digunakan untuk membuat outline dan arsiran. Sedangkan pensil dengan kadar kehitaman tinggi seperti 6B, 7B, dan 8B khusus yang digunakan untuk kepentingan menggambar. Jenis ini biasanya digunakan untuk membuat efek air, kaca, dan pencahayaan.

Ya…demikian uraian singkat tentang macam-macam pensil beserta fungsinya. Semoga bermanfaat dan selamat berkarya…..



Kontak Informasi: info[at]beritaseni.com
Press Release & Kirim Artikel: redaksi[at]beritaseni.com
Media Partner & Iklan iklan[at]beritaseni.com

Mari berjejaring dengan kami di Facebook dan Twitter

2 Comments on Macam-Macam Pensil dan Fungsinya

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*