Berita seni Indonesia, seni rupa dan desain, seni pertunjukan, seni musik, film, fashion, fotografi, arsitektur, sastra>

Layar Tanjleb Agustusan 2014 di Purbalingga

Layar Tanjleb Agustusan 2014
Layar Tanjleb Agustusan 2014

Untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-69 Cinema Lovers Community menggelar hiburan rakyat berupa Layar Tanjleb Agustusan 2014. Acara akan dilangsungkan di lima titik pemutaran untuk lokasi Purbalingga dan satu titik di Banyumas.

Sebagaimana dilangsir dari braling.com, “Program layar tanjleb ini berangkat dari keinginan warga dengan hiburan yang sifatnya murah dan mendidik. Kami memfasilitasi keinginan warga untuk dapat mengakses film-film yang berkualitas,” ungkap Manager CLC Nanki Nirmanto.

Layar Tanjleb Agustusan 2014
Layar Tanjleb Agustusan 2014

Penanggung jawab Program Layar Tanjleb Agustusan Canggih Setyawan mengatakan, untuk lebih membuat semarak di tempat pemutaran nantinya, CLC mendokumentasi kegiatan Tujuhbelasan seperti lomba dan lainnya. “Dokumentasi video kegiatan itu akan turut diputar saat layar tanjleb sekaligus sebagai dokumentasi kegiatan warga,” tuturnya.

Dalam program Layar Tanjleb Agustusan 2014, Cinema Lovers Community akan memutar lima film pendek, satu dokumentasi pitulasan dan satu film lawas (1982) besutan Imam Tantowi yang berjudul Pasukan Berani Mati. 

Adapun materi putar Layar Tanjleb Agustusan 2014 :

DUREN
Danang Bagus Prasetyo l Fiksi l 06’53” l 2014 l Brankas Film (SMA 2 Purbalingga)
Dua pemuda bersahabat, Indra dan Asep. Suatu ketika mereka bertemu dengan masalah, dimana sandal milik Indra dicuri. Mereka pun mengejar maling itu dengan sepeda. Mampukah Indra dan Asep menangkap maling dan mendapatkan sandalnya kembali?

SELENDANG LENGGER
Ela Nurwijayanti l Fiksi l 08’29” l 2014 l Pak Dirman Film (SMA Rembang Purbalingga)
Entah berapa kali Sugito melarang Mustarja, ayahnya menari. Namun, Mustarja tetap tak menuruti. Sugito kecewa, ditambah Giras, anaknya lebih memilih jejak sang kakek. Selendang bagi Mustarja adalah simbol bagaimana ia tetap bersemangat hidup dengan terus menari.

SEKUNTUM ANGGREK PUTIH
Dinda Putri Hapsari l Fiksi l 05’52” l 2014 l Sabuk Cinema (SMA Bukateja Purbalingga)
Dirman merasa berhak mendapatkan Sinta dibanding Rama setelah berhasil membongkar drama penyekapan. Namun, apakah Dirman menerima Sinta setelah ayah Sinta merelakan putri kesayangannya dipasrahkan begitu saja?

LEMBAR JAWABAN KITA
Sofyana Ali Bindiar l Fiksi l 07’13” l 2013 l Traffic Light Pictures (Bandung)
Ali, murid SD, harus menghadapi ujian lain ketika sedang menjalani Ujian Nasional.

RENA ASIH
Lingga Galih Permadi l Fiksi l 30’00” l 2014 l Endeavor Media Creative (Malang)
Damar mempunyai keinginan untuk membeli kaos sepak bola kebanggaannya. Ia menabung setiap hari untuk mewujudkannya. Disaat yang bersamaan, ibunya bernama Asih mendapat surat tunggakan biaya dari sekolah.

DOKUMENTASI PITULASAN
10’00” l 2014 l Cinema Lovers Community

PASUKAN BERANI MATI
Imam Tantowi l Fiksi l 120’00” l 1982 l Rapi Films (Jakarta)
Sebuah romantika perang revolusi kemerdekaan. Ada penduduk gagah berani, ada maling yang jadi nekat, ada dendam, ada tentara kecut tapi lalu nekat, ada pengkhianat, ada pedagang yang hanya mementingkan diri. Sebuah gambaran klise. Batalyon pimpinan Kapten Bondan yang menyatu dengan rakyat bergerilya hingga merepotkan Belanda. Dengan berbagai upaya termasuk kelicikan, Belanda akhirnya bisa tahu tempat persembunyian batalyon itu. Maka porak-porandalah batalyon itu diserbu. Kapten Bondan meninggal. Enam sisa pasukannya dan seorang penduduk yang selalu mendukung perjuangan tentara secara spontan membentuk pasukan berani mati. Mereka menyerbu markas Belanda dan ganti memorak-morandakan markas itu dengan imbalan kematian nekat mereka.

Jadwal dan lokasi Layar Tanjleb Agustusan 2014 :

  1. Sabtu, 16 Agustus 2014 : RT 03 RW IX Perumahan Abdi Kencana, Purbalingga
  2. Minggu, 17 Agustus 2014 : Desa Karangjati RT 04 RW II, Kecamatan Susukan, Banjarnegara
  3. Minggu, 17 Agustus 2014 : Jl. Puring RT 02 RW IV Kelurahan Purbalingga Kidul, Purbalingga
  4. Senin, 18 Agustus 2014 : Dusun Sprit RT 03 RW III, Desa Makam, Kec. Rembang, Purbalingga
  5. Sabtu, 23 Agustus 2014 : Desa Timbang, Kecamatan Kejobong, Purbalingga
  6. Sabtu, 23 Agustus 2014 : Desa Kanding, Kecamatan Somagede, Banyumas.

Menurut Nanki, fasilitas berupa peralatan pemutaran Layar Tanjleb Agustusan milik CLC sudah lengkap, tinggal bagaimana alat itu sampai ke titik pemutaran. “Butuh kerjasama yang baik, agar masyarakat berkesempatan mendapat hiburan layar tanjleb dan kemungkinan permintaan pemutaran ini bisa bertambah,” ujarnya.



Kontak Informasi: info[at]beritaseni.com
Press Release & Kirim Artikel: redaksi[at]beritaseni.com
Media Partner & Iklan iklan[at]beritaseni.com

Mari berjejaring dengan kami di Facebook dan Twitter

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*