Berita seni Indonesia, seni rupa dan desain, seni pertunjukan, seni musik, film, fashion, fotografi, arsitektur, sastra>

Kine Klub FISIP UNS Gelar Jawa Tengah In Frame

Kine Klub FISIP UNS bekerjasama dengan Taman Budaya Jawa Tengah akan menggelar Festival Film Dokumenter yang mengangkat tajuk “Jawa Tengah In Frame” pada tanggal 22-24 Agustus 2014 di Galeri Taman Budaya Jawa Tengah (TBJT).  Acara yang digelar selama tiga hari tersebut akan diisi dengan temu komunitas dan pemutaran film-film dokumenter.

Acara Temu Komunitas dalam Festival Film Dokumenter akan diselenggarakan pada hari Jumat (22/8) mulai pukul 19.00 WIB, format acara berupa diskusi bersama komunitas film Solo dengan tema “Membangun Wadah Komunitas Sineas Solo”.

Kine Klub UNS Gelar Jawa Tengah In Frame
Poster Festival Film Dokumenter “Jawa Tengah In Frame”

Hari kedua penyelenggaraan Festival Film Dokumenter akan menghadirkan tiga film dokumenter masing-masing adalah film Ritual Rambut Gimbal karya Uut Iswahyudi, Dibalik Sekat Centhini karya Novian Ananta Putra dan Ketoprak Pati karya Ardi Perdana.

Film Dibalik Sekat Centhini merupakan film dokumenter pendek produksi tahun 2009 yang menceritakan tentang Serat Centhini, sebuah karya sastra adiluhung gubahan Pakubuwono V yang memiliki keistimewaan dari segi isi, karena memuat beragam pengetahuan lahir dan batin masyarakat Jawa pada abad 19. Serat Centhini berisi beragam ilmu pengetahuan dari arsitektur, pangan, sejarah adat istiadat, ketuhanan, hingga hal-hal yang dianggap porno. 

Dihari terakhir festival yang diselenggarakan Kine Klub FISIP UNS ini akan diputar film dokumenter Ruwatan karya: S. Maryati, Wayang Golek Cepak Tegal karya Andy Prasetyo dan ditutup dengan film dokumenter karya Tonny Trimarsanto yang berjudul Its a Beautiful Day. Film penutup karya Tonny Trimarsanto ini telah berhasil mendapatkan peghargaan di beerapa festival film bergengsi, diantaranya Winner Special Award at the Festival of African, Asian and Latin American Cinema of Milano Italy(2013), Official Selection at   Water International Film Festival Tokyo Japan  (2012) dan Official Selection at ECO  Film Festival Malaysia (2012). Film ini bercerita tentang masalah air yang saat ini menjadi komoditas paling mahal setelah kebutuhan BBM, privatisasi air seakan melenggang tanpa kontrol.

Kine Klub FISIP UNS adalah UKM ( Unit Kegiatan Mahasiswa ) merupakani apresiator dan penikmat film yang lahir dan diresmikan pada 14 Juli 1988. Anggota Kine Klub FISIP UNS berasal dari mahasiswa semua Jurusan di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Sebagai komunitas film, Kine Klub FISIP UNS aktif berjejaring dan berada dibawah Sekertariat Nasional Kine Klub Indonesia (SENAKKI).

Sebagai organisasi apresiasi film dengan visi memasyarakatkan film dan meningkatkan kecintaan apresiasi film di kota Solo, Kine Klub FISIP UNS secara rutin menggelar agenda tahunan berupa Pemutaran Besar berwujud Pesta Film Solo dan Pemutaran Kecil. Selain itu, beragam agenda film dilakoni oleh komunitas ini, mulai dari nonton dan diskusi film, pemutaran film buat masyarakat umum, dan produksi film.

Informasi selengkapnya mengenai Festival Film Dokumenter “Jawa Tengah In Frame” dapat menghubungi Kine Klub FISIP UNS di :

Sekre Ceria Kine Klub FISIP UNS
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Sebelas Maret Surakarta
Jl. Ir. Sutami 36 A Kentingan Surakarta
fb : facebook.com/kineklub.uns
tw : @kineunssolo
CP : DEA (085731007720) / NIDA (085728297009)


Kontak Informasi: info[at]beritaseni.com
Press Release & Kirim Artikel: redaksi[at]beritaseni.com
Media Partner & Iklan iklan[at]beritaseni.com

Mari berjejaring dengan kami di Facebook dan Twitter

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*