Berita seni Indonesia, seni rupa dan desain, seni pertunjukan, seni musik, film, fashion, fotografi, arsitektur, sastra>

Karya Lukisan Aliran Naturalisme

Dalam dunia seni rupa khususnya seni lukis, terdapat banyak sekali aliran yang bisa dipelajari, salah satunya adalah karya lukisan aliran Naturalisme. Aliran lukisan ini menampilkan objek realis (alam nyata) dengan penekanan seting alam yang dianggap paling menarik. Sesuai dengan nature atau alam nyata, maka jenis aliran seni lukis ini biasanya akan terlihat hampir sama dengan tangkapan mata manusia.

Bagi seniman lukis naturalisme, alam beserta isinya adalah sumber inspirasi dan wahana berekspresi dalam berkarya. Penekanan obyek alam dalam karya lukisan sering kali dapat menciptakan suasana kebebasan.

Lukisan Basoeki Abdullah, Coast of Flores, 1939 | foto: geringerart.com
Lukisan Basoeki Abdullah, Coast of Flores, 1939 | foto: geringerart.com

Banyak anggapan bahwa lukisan aliran naturalisme merupakan sebuah usaha “duplikasi visual” yang dilakukan oleh seniman, dalam karyanya ia akan menampilkan obyek ke dalam lukisannya semirip mungkin dengan apa yang sedang atau pernah diliihatnya.

Di Indonesia tokoh pelukis naturalisme adalah Basuki Abdullah dan Raden Saleh, Kedua pelukis ini banyak melukis obyek-obyek alam, benda, maupun obyek manusia yang terlihat nyata di atas kanvas.

contoh lukisan naturalisme
Hiding in the Haycocks (1881) by: William_Bliss_Baker | Wikipedia.org

Salah satu perupa naturalisme di Amerika adalah William Bliss Baker, yang lukisan pemandangannya dianggap lukisan realis terbaik dari gerakan ini. Salah satu bagian penting dari gerakan naturalis adalah pandangan Darwinisme mengenai hidup dan kerusakan yang telah ditimbulkan manusia terhadap alam.



Kontak Informasi: info[at]beritaseni.com
Press Release & Kirim Artikel: redaksi[at]beritaseni.com
Media Partner & Iklan iklan[at]beritaseni.com

Mari berjejaring dengan kami di Facebook dan Twitter

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*