Berita seni Indonesia, seni rupa dan desain, seni pertunjukan, seni musik, film, fashion, fotografi, arsitektur, sastra>

Jalan Remaja, Ajak Remaja untuk Bersuara

Jalan Remaja, Ajak Remaja untuk Bersuara
Jalan Remaja, Ajak Remaja untuk Bersuara

Sejak tahun 2006 lalu Yayasan Kampung Halaman (KH) menyelenggarakan program Jalan Remaja 1208, dimana melalui program tersebut, remaja Indonesia diajak untuk bersuara dan bersikap atas berbagai persoalan di lingkungannya. Sampai tahun 2014 ini, Jalan Remaja 1208 telah melakukan kegiatan bersama 693 remaja pembuat video dari 32 komunitas, di 12 provinsi di Indonesia. Mereka membuat 122 buah karya video diary yang merefleksikan tantangan kehidupan sehari-hari.

Seperti yang dilangsir dari kampunghalaman.org, Jalan Remaja 1208 adalah penyatuan berbagai program dari tahun 2006. Program ini mendorong semua orang untuk lebih mempercayai remaja, memberikan mereka peran yang lebih besar dalam urusan keseharian, di manapun, di sekolah, di kampung, di rumah dll, dengan berbagai media (video diary, foto, teks) sebagai alatnya.

Beberapa kegiatan yang dilakukandi dalam Jalan Remaja 1208, yaitu :
  1. Sekolah Remaja, merupakan kegiatan kerjasama Kampung Halaman dan komunitas/organisasi lokal untuk memfasilitasi para remaja memahami tantangan lokal dan global melalui media. Di tiap lokasi komunitas, Sekolah Remaja memfasilitasi pelatihan berbagai bentuk media untuk menyuarakan pendapat remaja. Dengan membuat ‘medianya’ sendiri (video diary), remaja belajar menganalisa, bekerjasama dalam tim dan mengembangkan kreativitas mereka.
  2. BIOSKOP REMAJA, merupakan pemutaran video yang diselenggarakan secara serentak  setiap tahunnya di hari Remaja Internasional yang jatuh pada tiap tanggal 12 Agustus. Bioskop Remaja ini diselenggarakan oleh berbagai komunitas atau organisasi yang secara sukarela ikut memutarkan video buatan Remaja Indonesia. Dalam kegiatan Bioskop Remaja, Jalan Remaja 1208 telah melibatkan 77 komunitas/organisasi yang tersebar di 153 titik pemutaran di 20 provinsi di Indonesia, dengan jumlah penonton/peserta diskusi sebanyak 12.300 orang.
Jalan Remaja 1208 di Tumpi Readhouse Boyolali
Jalan Remaja 1208 di Tumpi Readhouse Boyolali (2012)

Bioskop Remaja adalah acara puncak dari semua rangkaian kegiatan Jalan Remaja 1208. Hari itu adalah momen untuk bersama-sama berefleksi dari cara pandang remaja. Menjadikan remaja Indonesia bagian penting dari dunia lewat video diary yang mereka buat, hal ini menjadi penting karena merekalah generasi penentu masa depan yang menjadi bagian dalam menciptakan perubahan menuju lebih baik.

Yayasan Kampung Halaman adalah organisasi nirlaba yang didirikan pada tahun 2006 di Yogyakarta, dirintis oleh dua Antropolog, Dian Herdiany dan M. Zamzam Fauzannafi. Sampai saat ini Yayasan Kampung Halaman telah bekerjasama dengan berbagai pihak di seluruh Indonesia untuk memperkuat peran remaja dan anak muda di komunitasnya masing-masing melalui media berbasis komunitas yang dilakukan secara partisipatif. Pada tahun 2011, Yayasan ini menerima “International Spotlight Award” dari The National Arts and Humanities Youth Program Award, Gedung Putih, Amerika Serikat.

Yayasan Kampung Halaman percaya bahwa REMAJA adalah anggota masyarakat terpenting dimanapun di dunia yang dapat menjamin terciptanya proses regenerasi di komunitas.

Jalan Remaja 1208 – Yayasan Kampung Halaman
Dusun Krapyak, No 18, Rt. 05/Rw. 55, 
Desa Wedomartani, Kec. Ngemplak,
Kab. Sleman, Yogyakarta, 55584
+62-274-747-8602
email : jr1208@kampunghalaman.org
web : kampunghalaman.org


Kontak Informasi: info[at]beritaseni.com
Press Release & Kirim Artikel: redaksi[at]beritaseni.com
Media Partner & Iklan iklan[at]beritaseni.com

Mari berjejaring dengan kami di Facebook dan Twitter

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*