Berita seni Indonesia, seni rupa dan desain, seni pertunjukan, seni musik, film, fashion, fotografi, arsitektur, sastra>

INSOMNIA 2015 – FESTIVAL FILM PELAJAR BATAVIA

Kompetisi film pelajar SMP-SMA akan diselenggarakan dalam ajang INSOMNIA 2015 – Festival Film Pelajar Batavia. Acara ini akan digelar pada tanggal 02-03 Mei 2015 dengan mengangkat tema “CINTA NEGERIKU LESTARI BUDAYAKU”.

Ada dua kategori yang akan dikompetisikan dalam INSOMNIA 2015, yakni kategori film fiksi pendek dan film dokumenter pendek dengan durasi maksimal 15 menit. Jadwal pengumpulan film dibuka sejak tanggal 10 Agustus 2014 – 15 Maret 2015 (Cap Pos), karya dapat dikirim ataupun diantar langsung ke alamat : Jalan Petogogan I No. 20, RT 009/011 Gandaria Utara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan 12140.

Untuk kategori film fiksi pendek akan dipilih Film Terbaik I, Film Terbaik II, Film Terbaik III, Film Terfavorit, Sutradara Terbaik, Penulis Skenario Terbaik, Penata Kamera Terbaik, Penata Artistik Terbaik, Penyunting Gambar Terbaik, Penata Musik Terbaik, Aktor Terbaik, Aktris Terbaik dan Desain Poster Terbaik.

Sedangkan untuk kategori film dokumenter pendek akan dipilih Film Terbaik I, Film Terbaik II, Film Terbaik III, Film Terfavorit, Sutradara Terbaik, Penulis Skenario Terbaik, Penata Kamera Terbaik, Penyunting Gambar Terbaik, Penata Musik Terbaik dan Desain Poster Terbaik.

Tiga Juri yang akan menseleksi karya yang masuk diantaranya Andi Bersama, Rik A Sakri dan Ohan Adiputra. Pengumuman peserta lolos seleksi tahap pertama akan dilangsungkan pada tanggal 30 Maret 2015 melalui website resmi INSOMNIA 2015, baik untuk kategori film fiksi maupun dokumenter. 10 Film lolos seleksi akan diundang untuk hadir ke acara Konferensi Pers, Screening, Workshop dan Awarding INSOMNIA 2015 di Jakarta.

WORKSHOP (2 Mei 2015), Para Finalis 10 besar dari masing-masing kategori akan diberikan edukasi berupa pembelajaran film fiksi dan dokumenter oleh sineassineas terkemuka Indonesia. Acara ini juga dibuka untuk umum dan berlokasi di SAE Institute Jakarta.

KONFERENSI PERS (2 Mei 2015), Konferensi Pers dengan media yang kami undang serta media partner akan dilaksanakan sebelum Screening. Konferensi Pers akan diadakan di di SAE Institute Jakarta.

SCREENING (2 Mei 2015), Screening INSOMNIA 2015 akan menayangkan film-film yang lolos seleksi 10 besar dari masing-masing kategori Film Fiksi dan Film Dokumenter.Screening akan dilakukan di SAE Institute Jakarta.

AWARDING (3 Mei 2015), Awarding INSOMNIA akan mengumumkan para pemenang INSOMNIA 2015 yang diadakan di Graha Sucofindo. Di acara puncak ini, akan diisi pula beberapa hiburan, antara lain Kolaborasi Tarian Indonesia untuk Opening Act, Stand-up Comedy, Wayang Golek Betawi, Band, Dance, Acapella Lagu Daerah, serta Musikalisasi Puisi yang digarap dengan tema CINTA NEGERIKU LESTARI BUDAYAKU.

INSOMNIA 2015 – Festival Film Pelajar Batavia merupakan ajang festival film untuk pelajar yang diselenggarakan ke-enam kalinya setelah sukses mengadakan acara INSOMNIA sejak tahun 2010 lalu. Tema CINTA NEGERIKU LESTARI BUDAYAKU diangkat sebagai bentuk respons pengyelenggara atas kemajuan teknologi informasi yang terjadi di era globalisasi sekarang ini, banyak sekali kebudayaan Indonesia yang sudah pudar tergantikan oleh kebudayaan luar yang belum tentu berdampak positif bagi negara ini. Kecintaan terhadap budaya Indonesia kini mulai memudar. Banyak cara untuk membangkitkan rasa cinta rakyat Indonesia terhadap budayanya sendiri.

Ditangan para sineas muda Indonesia,film yang mengangkat tema kebudayaan dapat diolah sedemikian rupa agar menarik dan inspiratif karena banyak sekali cerita atau kisah yang dapat diambil dari Indonesia yang kental akan budaya yang dapatdigunakan untuk membangkitkan rasa cinta terhadap bangsa dan negara.

INSOMNIA diharapkan akan menjadi wadah penyaluran bakat dan kemampuan para remaja dalam bidang perfilman serta mengapresiasi film-film ciptaan anak muda Indonesia, generasi muda akan terus terpacu untuk semakin mendalami pengetahuan tentang dunia perfilman.

Informasi dan Alamat Sekretariat INSOMNIA 2015

Jalan Petogogan I No. 20, RT 009/011 Gandaria Utara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan 12140
Email : insomniaenampuluh@gmail.com
Website :www.sinema60jakarta.com
Facebook : IndieShort MovieFestival
Twitter :@INSOMNIA60



Kontak Informasi: info[at]beritaseni.com
Press Release & Kirim Artikel: redaksi[at]beritaseni.com
Media Partner & Iklan iklan[at]beritaseni.com

Mari berjejaring dengan kami di Facebook dan Twitter

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*