Berita seni Indonesia, seni rupa dan desain, seni pertunjukan, seni musik, film, fashion, fotografi, arsitektur, sastra>

Grimonia, Film Omnibus Tentang Perempuan Diputar Di Gresik

Omnibus Grimonia
sumber gambar : grimoniafilms.tumblr.com

Grimonia, film omnibus tentang perempuan akan diputar di Kota Gresik pada hari jumat 20 Juni 2014, pukul 07.00 WIB – 22.00 WIB di Gedung Nasional Indonesia (GNI) Kabupaten Gresik. Acara ini diselenggarakn oleh Gresik Movie, sebuah komunitas film di Gresik Jawa Timur.

Omnibus Grimonia diambil dari 4 naskah cerpen karya  penulis – penulis muda asal kota Gresik, diantaranya berjudul Makluk itu Bernama Cinta dan Hujan dan Aroma Ikan karya Puput Palipuring Tyas. Kemudian Merpati Kelabu  dan Senja untuk Alina (Judul Sebelumnya : Sepotong Senja Untuk Pacarku) KaryaDini ardianty. Grimonia di ambil dari bahas latin yang memiliki arti “wanita yang patut untuk dimuliakan”, dalam omnibus film ini berbicara tentang wanita dalam beberapa sudut pandang. Gresik Movie tertarik mengangakat 4 cerpen tersebut menjadi sebuah karya film pendek karena didalamnya terdapat cerita yang sangat komplek dan lekat dengan kehidupan sosial dan budaya masyarakat Kota Gresik.

Sinopsis dari masing-masing film Omnibus Grimonia : (1) Makhluk itu Bernama Cinta, tentang masa percintaa bagi wanita remaja dalam menjalani kisah asmaranya sehingga harus membuatnya terpuruk dan bangkit lagi hingga menemukan arti  cinta yang sebenarnya. (2) Hujan dan Aroma Ikan, hubungan rumah tangga dari latar belakang berbeda budayanya, menjalani keseharian dengan pertikaian mulut yang tidak disangka terjadi sebelum menjalani hubungan rumah tangga. Latar belakang budaya pesisir hadir sebagai wanita penyebab terjadinya keributan yang tak selalu bisa diterima oleh sosok suami yang berlatar belakang pegunungan. (3) Senja untuk Alina, berkisah sosok perempuan bernama Alina yang begitu depresi menghadapi permasalahan rumah tangganya dimana dia harus menunggu dengan penuh kesabaran hingga masa kesabaran musnah dengan kemurkaan ketika menunggu janji dari sosok lelaki yang tak kunjung hadir demi sebuah keutuhan keluarga yang diimpikannya bersama. (4) Merpati Kelabu kisah dua anak remaja dengan keadaan fisik berbeda menjadi penghambat hubungan berat bagi sosok wanita yang begitu cintanya pada lelaki yang di idamkan meskipun hanya bertemu dalam imajinasi dan bercanda dalam sebuah tulisan surat yang mengikat hubungannya. Kelurga menjadi penghambat hubungan keduannya karena sama-sama menderita cacat fisik yang begitu menentang bagi orang tua dari pihak wanita.

Pemutaran omnibus Grimonia merupakan rangkaian kegiatan Mengintip Gresik #3adapun tema yang diangkat dalam kegiatan ini adalah “Jangan Jadi Tamu Di Kota Sendiri”, suatu hal untuk memberikan penyadaran kepada masyarakat Gresik agar lebih mencintai kota sendiri tanpa bermaksud menggurui. Film Omnibus, menjadi sajian yang akan dipertontonkan bersama beberapa karya lain untuk dinikmati masyarakat Gresik dan sekitarnya.

Selain dalam bentuk karya, Gresik Movie juga memberikan kesempatan masyarakat Gresik untuk ambil bagian dari program yang telah dirancang yiatu : Kelas Pengelola Film dan Challenges “Sineas Muda”, adalah dua program yang bisa diikuti untuk menguji diri dalam membuat film dan juga mengelola film pendek.

Kelas Pengelola Film 2014 disiapkan untuk mewadahi, mengapresiasi, mendistribusikan karya film pendek untuk masyarakat, khususnya pecinta dan penikmat film di Gresik. Fokus materi yang akan disajikan diantaranya tentang Pemutaran Film Pendek, Kajian Film Pendek, Kritik Film Pendek dan Distribusi Film Pendek. Program ini diharapkan agar para peserta yang tergabung bisa memberikan kontribusi terhadap karya-karya film di Gresik. Kelas ini terbatas untuk 10 peserta yang terpilih dalam tahap seleksi pada tanggal 14-15 Juni 2014.

Program Challenges “Sineas Muda” akan lebih ketat dan lebih menantang, karena hanya ada 2 ruang Challenges yang bakal dipersiapkan. Materi Penyutradaraan & Pengambilan Gambar, menjadi fokus tantangan untuk sineas muda yang benar-benar ingin belajar dan ingin mengembangkan diri dalam dunia perfilman. Akan diadakan tahap penyeleksian terlebih dahulu, yaitu 10 orang terseleksi yang akanmenjadi peserta Challenges “Sineas Muda” pada tanggal 20 Juni 2014.

Dalam kegiatan Mengintip Gresik #3 ini, Gresik Movie memberikan banyak pembaharuan dan penawaran untuk masyarakat kota Gresik. Selain pemutaran film, Kelas Pengelola Film dan Challenges “Sineas Muda”, dalam rangkaian acara juga akan disajikan 4 kelompok musik pengisi soundtrack film, diantaranya Adalah Yukino – Tak Kan Bersama Ost Merpati Kelabu, Waffle – Hujan Turun Lagi Ost Hujdan Dan Aroma Ikan, D’Menssion- Tak Kan Menyatu Ost Senja Untuk Alina dan yang terakhir Flow Story – Karena Cinta Ost Makhluk Itu Bernma Cinta.

Harga Tiket :

Pre Sale Rp 7000
Calo (On The Spot) Rp 10.000

Info Pemesanan Tiket :
Distro “ Cek Koe Cak “ Jalan Arif Rahman Hakim (Depan STM Semen Gresik)

Info Contanct Person :
Danang Ari  082231290369/21A83DAF
Irfan Akbar 085730422427/7425DB91

More Info :
Twitter : @GresikMovie
Facebook :Gresik Movie
Blog : gresikmovie.blogspot.com/grimoniafilms.tumblr.com



Kontak Informasi: info[at]beritaseni.com
Press Release & Kirim Artikel: redaksi[at]beritaseni.com
Media Partner & Iklan iklan[at]beritaseni.com

Mari berjejaring dengan kami di Facebook dan Twitter

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*