Berita seni Indonesia, seni rupa dan desain, seni pertunjukan, seni musik, film, fashion, fotografi, arsitektur, sastra>

Forum Film Dokumenter Gelar Festival Film

Forum Film Dokumenter Yogyakarta kembali menggelar Festival Film Dokumenter (FFD) yang ke 13 pada tanggal 8-13 Desember 2014. Ada dua program utama dalam FFD 2014 yaitu program Kompetisi Film Dokumenter Indonesia, program non-kompetisi, spektrum dan SEA Docs.

Pendaftaran kompetisi akan dibuka sampai tanggal 30 Oktober 2014. Kompetisi khusus untuk pembuat film berkewarganegaraan Indonesia dibagi menjadi 3 kategori; Film Dokumenter Panjang (Untuk film dokumenter berdurasi lebih dari 40 menit termasuk credit title), Film Dokumenter Pendek (Untuk film dokumenter berdurasi maksimal 40 menit termasuk credit title) dan Film Dokumenter Pelajar (Untuk film dokumenter yang dibuat oleh pelajar SD—SMA dan tidak dibatasi durasi). Film dokumenter yang disertakan merupakan film produksi tahun 2013 atau 2014.

Forum Film Dokumenter Gelar Festival Film
Forum Film Dokumenter di Festival Film Dokumenter

Forum Film Dokumenter sebagai pengelola festival akan menyeleksi seluruh film yang masuk ke dalam tiap kategori. Khusus untuk program Kompetisi Film Dokumenter Indonesia, pengelola festival akan mengundang juri tamu untuk melakukan penjurian pada tiap kategorinya.

Program Non-Kompetisi FFD 2014 terbuka bagi semua pembuat film dokumenter dan tidak memiliki batasan durasi. Untuk program Spektrum dirancang untuk memenuhi kebutuhan referensi atas bentuk dan berbagai macam pendekatan dokumenter di dunia. Film – film yang tersaji dalam program ini tidak lagi mengacu pada sebuah tema, melainkan pada cara filmmaker dalam bercerita. Program SEA Docs, adalah program dokumenter regional. FFD menawarkan sebuah program yang dapat menjadi arena pertukaran ide melalui dokumenter Asia Tenggara.

Festival Film Dokumenter (FFD) Yogyakarta yang diselenggarakan oleh Forum Film Dokumenter adalah festival film pertama di Indonesia dan di Asia Tenggara, yang khusus menangani film dokumenter.

FFD dilaksanakan secara rutin setiap tahun di bulan Desember berturut-turut semenjak tahun 2002. Keberadaan Festival Film Dokumenter menjadi sesuatu yang penting untuk terus diselenggarakan karena film dokumenter memiliki sebuah kekuatan yang signifikan sebagai suatu media yang mencerdaskan, reflektif, dan dapat melewati batas-batas ruang dan waktu. Di tengah arus media massa yang demikian deras, film dokumenter dapat mengambil peran penting sebagai media aspirasi yang mandiri.

Forum Film Dokumenter adalah lembaga nirlaba yang fokus pada media dokumenter di Indonesia. Forum Film Dokumenter bergerak untuk mengembangkan infrastruktur dokumenter melalui penelitian, workshop, pengarsipan, pemutaran dokumenter, produksi dan festival film dokumenter. Forum kecil ini berdiri sejak 2002 di Yogyakarta dengan nama Komunitas Dokumenter, kemudian pada tahun 2013 berganti nama menjadi Forum Film Dokumenter.

Pendaftaran, DVD dan dokumen-dokumen serta korespondensi dapat ditujukan kepada:
Festival Film Dokumenter Yogyakarta
Jalan Sajiono 15, Kotabaru, Yogyakarta 55224
Tel: 0274 710 2672
e-mail: festival@ffd.or.id
website: ffd.or.id



Kontak Informasi: info[at]beritaseni.com
Press Release & Kirim Artikel: redaksi[at]beritaseni.com
Media Partner & Iklan iklan[at]beritaseni.com

Mari berjejaring dengan kami di Facebook dan Twitter

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*