Berita seni Indonesia, seni rupa dan desain, seni pertunjukan, seni musik, film, fashion, fotografi, arsitektur, sastra>

Festival Film Solo (FFS), Fokus pada Film Fiksi Pendek

Logo Telkom (23 Oktober 1991-23 Oktober 2001)
Logo Telkom (23 Oktober 1991-23 Oktober 2001)

Festival Film Solo (FSS) merupakan festival film tahunan yang fokus pada perkembangan film-film fiksi-pendek Indonesia. Pertama kali diselenggarakan pada tahun 2011 di Gedung Keseninan Solo, sebuah ruang kesenian yang memanfaatkan bekas gedung bioskop Solo Theater Sriwedari Solo.

Program yang dilakukan di Festival Film Solo diantaranya adalah program kompetisi film fiksi pendek Indonesia dan program non-kompetisi. Program kompetisi di Festival Film Solo terbagi menjadi dua yakni kompetisi untuk kategori umum dan pelajar. Sedangkan program non-kompetisi diantaranya seperti forum diskusi, temu komunitas, kelas kritik,  program pendanaan dan lain-lain.

Lahirnya Festival Film Solo dimaksudkan sebagai salah satu ruang temu yang akrab, sederhana, ramah dan terbuka luas bagi para penonton dan pelaku perfilman nasional.

Penghargaan tertinggi kompetisi dalam Festival Film Solo adalah Ladrang Award untuk Kategori Umum-Nasional, dan Gayaman Award untuk Kategori Pelajar-Nasional. Penghargaan tersebut mewujud dalam bentuk Keris Pusaka Ladrang dan Keris Pusaka Gayaman, yang ditempa secara khusus oleh Empu Yohanes Yantono.

Festival Film Solo mempercayai bahwa film pendek dan komunitas film adalah salah satu penggerak utama perfilman tanah air. Festival ini kali pertama diinisiasi oleh Ricas CwuBayu Bergas dan Joko Narimo pada tahun 2011 dan dihelat pada bulan Mei setiap tahunnya di Kota Solo, Jawa Tengah

Festival Film Solo :
Jl. Semen Rante No.13, Mangkuyudan,
Solo, Jawa Tengah 57142 – Indonesia
p: (0271) 2320430
w: www.festivalfilmsolo.com
e: info@festivalfilmsolo.com
t: @FestFilmSolo



Kontak Informasi: info[at]beritaseni.com
Press Release & Kirim Artikel: redaksi[at]beritaseni.com
Media Partner & Iklan iklan[at]beritaseni.com

Mari berjejaring dengan kami di Facebook dan Twitter

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*