Berita seni Indonesia, seni rupa dan desain, seni pertunjukan, seni musik, film, fashion, fotografi, arsitektur, sastra>

Festival Film Purbalingga, Pesta Keliling Desa

Logo Festival Film Purbalingga

Festival Film Purbalingga (FFP) muncul pertama kali pada tahun 2007 dengan nama Parade Film Purbalingga. Diinisiasi oleh para pegiat film yang tergabung dalam Cinema Lovers Community (CLC) Purbalingga pimpinan Bowo Leksono. Di CLC inilah anak muda Purbalingga melakukan gerakan-gerakan sinema yang mampu melahirkan puluhan karya tiap tahunnya.

Penyelenggaraan Festival Film Purbalingga dilakukan selama sebulan penuh pada tiap bulan Mei. Festival ini merupakan satu-satunya festival film di Purbalingga yang terus digelar setiap tahunnya tanpa bantuan pemerintah daerah.
festival film purbalingga
Poster Festival Film Purbalingga 2008

Program unggulan Festival Film Purbalingga adalah pemutaran film dengan medium Layar Tanjleb (layar tancap) keliling desa di wilayah Banyumas Raya yang terdiri dari Kabupaten Purbalingga, Banyumas, Banjarnegara, dan Cilacap. Film-film pendek produksi pelajar Banyumas Raya menjadi menu utama layar tanjleb, sementara sebagai pendamping diputar pula film bioskop. Film-film yang diputar di FFP diseleksi berdasarkan kemampuan dan karakter penonton di Banyumas Raya.

Salah satu syarat yang harus ada untuk gelaran layar tanjleb di desa adalah ada pemuda desa, yang menjadi partner dalam penyelenggaraan. Karena sebenarnya penyelenggara layar tanjleb adalah pemuda desa itu sendiri, pihak festival hanya memfasilitasi apa yang belum ada di desa. Harapannya, pemutaran film di desa mampu digelar kembali setelahnya.

Kompetisi film fiksi dan dokumenter pelajar (setingkat SMP dan SMA) se-Banyumas Raya menjadi program utama dalam Festival Film Purbalingga. Festival Film Purbalingga juga sempat menggelar program Kompetisi Video Manten yang hanya bertahan dua tahun yaitu pada FFP 2010 dan 2011.

Selain menyelenggarakkan program unggulan dan program utama, Festival Film Purbalingga juga menyelenggarakan program tambahan yang akan merangkai penyelenggaraan FFP 2014. Program khusus ini ditujukan untuk melengkapi serta memperkaya warna festival, serta berkaitan dengan kegiatan perfilman baik dalam skala lokal maupun nasional. Program khusus seperti pentas seni, presentasi, diskusi, pameran, temu komunitas film dsb yang merupakan satu rangkaian utuh Festival Film Purbalingga 2014

Kontak dan informasi :

Festival Film Purbalingga 
Facebook : festivalfilm purbalingga
Twitter : @festfilmpbg
Email : purbalinggafilmfest@gmail.com
Website : festivalfilmpurbalingga.blogspot.com
Phone: +6285227872252 (Nanki Nirmanto)
Alamat : Jl. Puring No. 7 Purbalingga, Jawa Tengah, Indonesia


Kontak Informasi: info[at]beritaseni.com
Press Release & Kirim Artikel: redaksi[at]beritaseni.com
Media Partner & Iklan iklan[at]beritaseni.com

Mari berjejaring dengan kami di Facebook dan Twitter

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*