Berita seni Indonesia, seni rupa dan desain, seni pertunjukan, seni musik, film, fashion, fotografi, arsitektur, sastra>

FFD : Festival Film Dokumenter

Festival Film Dokumenter (FFD) Yogyakarta merupakan festival film dokumenter yang dilaksanakan rutin setiap tahun pada bulan Desember di Yogyakarta. Festival ini diselenggarakan semenjak tahun 2002 oleh  lembaga yang fokus pada media dokumenter di Indonesia yaitu Forum Film Dokumenter yang sebelumnya bernama Komunitas Dokumenter. Komunitas tersebut merupakan penyelenggara festival film pertama di Indonesia dan di Asia Tenggara yang khusus menangani film dokumenter.

Selain menyelenggarakan Festival Film Dokumenter, Forum Film Dokumenter juga mengembangkan infrastruktur dokumenter melalui penelitian, workshop, pengarsipan, pemutaran dokumenter dan produksi film dokumenter.

FFD memiliki visi untuk terus memberi ruang bagi aktivitas penciptaan, apresiasi dan sosialisasi, juga pendidikan di bidang film dokumenter dalam arti yang seluas-luasnya. Beberapa program yang sering dilaksanakan di Festival Film Dokumenter diantaranya program program Kompetisi dan Non-Kompetisi.

Adapun program kompetisi terdiri dari tiga kategori yaitu (a) Kompetisi Film Dokumenter Indonesia kategori Film Dokumenter Panjang, yang berdurasi lebih dari 40 menit, (b) Kompetisi Film Dokumenter Indonesia kategori Film Dokumenter Pendek berdurasi maksimal 40 menit (c) Kompetisi Film Dokumenter Indonesia kategori Film Dokumenter Pelajar yang dibuat oleh pelajar SD—SMA dan tidak dibatasi durasi. Sedangkan program Non-Kompetisi yang diselenggarakan diantaranya School Docs, Master Class, Diskusi dan program-program pendukung lainnya.

Kontak : Festival Film Dokumenter (FFD) Yogyakarta 
Jalan Sajiono No.15, Kotabaru 55224, Yogyakarta.
Tlp. : +62 274 710 2672
email : info@festivalfilmdokumenter.org
web: ffd.or.id



Kontak Informasi: info[at]beritaseni.com
Press Release & Kirim Artikel: redaksi[at]beritaseni.com
Media Partner & Iklan iklan[at]beritaseni.com

Mari berjejaring dengan kami di Facebook dan Twitter

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*