Berita seni Indonesia, seni rupa dan desain, seni pertunjukan, seni musik, film, fashion, fotografi, arsitektur, sastra>

DARIJADI Short Movie Competition

Lukisan Basuki Abdullah, Horses, 100cm X 150cm, Oil on canvas
Lukisan Basuki Abdullah, Horses, 100cm X 150cm, Oil on canvas

DARIJADI Short Movie Competition merupakan kompetisi film pendek yang diselenggarakan oleh FIFGroup dalam rangka Hari Ulang Tahunnya yang ke-25. Kompetisi film pendek ini berhadiah total 50 juta rupiah dan hadiah menarik lainnya. FIFGROUP mengajak kalian berkreatifitas melalui media video dengan misi dari FIFGROUP, “Better Life, Better Future”. 

DARIJADI Short Movie Competition oleh FIFGROUP bertujuan untuk memberikan inspirasi kepada masyarakat melalui seni film.

KETENTUAN DAN ATURAN KOMPETISI DARIJADI Short Movie Competition:

  • DARIJADI Short Movie Competition terbuka untuk umum (Kecuali karyawan FIFGROUP)
  • Video yang di submit harus milik pribadi ( single author )
  • Periode kompetisi dimulai sejak 21 April 2014 – 30 Juli 2014
  • Peserta wajib “Like” fanpage FIFGROUP dan “Follow” Twitter FIFGROUP
  • Video harus diposting lewat akun pribadi Youtube peserta
  • Peserta wajib mengisi form registrasi yang ada dalam microsite FIFGROUP
  • Link Youtube video bisa disubmit ketika melakukan registrasi lewat microsite atau pada rentang waktu periode kompetisi
  • Pemenang kompetisi terbagi menjadi 6 kategori yaitu :
    1. Pemenang Utama (Rp. 20.000.000,-)
    2. Pemenang Kedua (Rp. 15.000.000,-)
    3. Pemenang Ketiga (Rp. 7.500.000,-)
    4. Pemenang Most Share (Rp. 1.000.000,-)
    5. Pemenang People Choice’s (Go Pro)
    6. Pemenang TOP 10 (Goodie Bag)
  • Pemenang kompetisi DARIJADI Short Movie Competition akan diumumkan pada 14 Agustus 2014 pada di halaman Social Media (Facebook, Twitter) dan Microsite FIFGROUP (www.fifgroup.co.id/darijadi).
  • Pemenang diminta untuk menyediakan waktu wawancara via email telepon, atau tatap muka setelah diumumkan.

Untuk pemenang DARIJADI Short Movie Competition yang berdomisili di area Jabodetabek bisa mengambil hadiah langsung di kantor penyelenggara kompetisi FIFGROUP Menara FIF – Jl TB Simatupang Kav 15, Lebak Bulus, Cilandak, Jakarta, diharapkan membawa bukti identitas. Untuk pemenang yang di luar area Jabodetabek hadiah akan dikirim ke alamat pemenang.

KRITERIA VIDEO :

  • Isi video harus menceritakan proses #Dari…Jadi… yang disesuaikan dengan konsep video dan misi FIFGROUP, yaitu “Better Life, Better Future”
  • Tidak ada batasan untuk genre video yang diikutsertakan
  • Video diakhiri dengan logo FIFGROUP, FIFASTRA, SPEKTRA dan AFTRA
  • Video harus orisinil dan bukan hasil terjemahan, saduran, atau plagiat
  • Video belum pernah dan tidak sedang diikutsertakan dalam kompetisi lain
  • Video belum pernah dan tidak sedang dimuat di media manapun
  • Video tidak melanggar hak cipta, tidak mengandung SARA dan pornografi, serta tidak melanggar norma kesusilaan
  • Tidak ada batasan dalam teknis pembuatan video
  • Peserta hanya diperbolehkan membuat dan mengikutsertakan 1 (satu) video
  • Durasi video yang diikutsertakan maksimal 15 menit
  • Peserta wajib mengisi deskripsi video sesuai dengan prosedur kompetisi berikut :
    1. Video Title : #DariJadi (spasi) judul video
    2. Video Description : Sinopsis singkat mengenai proses Dari…Jadi…
    3. Video ini dibuat dalam rangka #DARIJADI Short Movie Competition yang diadakan oleh FIFGROUP, (www.fifgroup.co.id/darijadi)
    4. Tags : #DariJadi movie-competition, FIFGROUP
  • Video yang tidak sesuai dengan syarat dan ketentuan akan langsung didiskualifikasi oleh pihak penyelenggara tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu
  • Pihak penyelenggara berhak menggunakan sebagian dan atau seluruh karya video yang telah dibuat dan diikutsertakan dalam kompetisi ini
  • Pemenang DARIJADI Short Movie Competition ditentukan oleh pihak penyelenggara dan keputusan yang telah dihasilkan oleh pihak penyelenggara tidak dapat diganggu-gugat

VOTING DAN PENILAIAN DARIJADI Short Movie Competition:

  • Isi video sesuai dengan tema yang diberikan dan mempunyai korelasi cerita/konsep.
  • Orisinalitas, kreativitas, eksplorasi ide dalam membuat video sesuai dengan tema.
  • Aktifitas promosi video pada social media akan menjadi nilai tambah dalam penilaian.
  • Untuk Kriteria “Most Share” pemenang ditentukan dengan jumlah minimal 100 share video.
  • Untuk Kriteria “People Choice’s” pemenang ditentukan dengan jumlah minimal 100 like video
  • Untuk pemenang top 10 video dipilih berdasarkan kriteria penilaian 10 video terbaik.

JURI DARIJADI Short Movie Competition :

  1. Danial Rifki (Screen Writer). Danial Rifki adalah lulusan Institut Kesenian Jakarta, jurusan Sutradara. Sekarang ia bekerja sebagai penulis cerita film dan sutradara. Danial Rifki aktif dalam membuat film pendek dan sangat tertarik dengan tema anak-anak dan kemanusiaan. Karyanya ‘Because I Love Markus’, sebuah cerita tentang anak-anak penderita HIV, memenangkan penghargaan Film Pendek Terbaik pada Festival Film Indonesia 2007. Disusul dengan film ‘Children of Mud’, cerita tentang anak-anak di sekitar area lumpur Lapindo, mendapat pengakuan luas pada festival film dalam dan luar negeri. Setelah lebih banyak bekerja sebagai penulis skenario, Danial Rifki akhirnya duduk di kursi sutradara lewat film ‘La Tahzan’ yang dibintangi Atiqah Hasiholan, Ario Bayu, dan Joe Taslim. Pada 2014 ini Danial kembali menjadi penulis skenario dan sutradara dalam proyek film terbarunya, ‘Haji Backpacker.’
  2. Jujur Prananto (Screen Writer)Lahir di Salatiga, Jawa Tengah, 30 Juni 1960. Bungsu dari tiga bersaudara anak seorang guru SMA di Yogyakarta. Sejak kecil, terutama setelah ibunya meninggal, terbiasa mandiri. Lulus SMA, masuk Sinematografi IKJ. Sukses menjadi cerpenis dan penulis skenario, dengan diilhami kehidupan masa kecilnya. Cerpennya Kado Istimewa dimuat dalam antologi Cerpen Pilihan Kompas 1991, yang kemudian diadaptasi jadi skenario sinetron. Karya berjudul Parmin, meraih Piala Vidia untuk bidang teleplay di Festival Sinetron Indonesia 1994. Cerpennya, Kado Istimewa terpilih menjadi cerpen terbaik pilihan Kompas tahun 1992; cerpen ini dimuat dalam antologi Kado Istimewa (1992). Cerpennya yang lain dimuat dalam antologi Lampor (1994), Laki-Laki yang Kawin Dengan Peri (1995), Pistol Perdamaian (1996), Anjing-Anjing Menyerbu Kuburan(1997), dan Dua Tengkorak Kepala (2000). Skenarionya, Rini Tomboy, diangkat ke layar lebar dengan dibintangi Cornelia Agatha, Adjie Massaid, dan Nunu Datau. Di FFI 1992, film ini mendapatkan lima nominasi Piala Citra, di antaranya untuk dirinya sebagai Penulis Skenario Terbaik.Penulis skenario Anakku Terlahir Kembali dan Shangrila ini mengaku lebih suka pada kontrak per produksi daripada sistem kejar tayang.
    Dengan sistem ini, ia dikontrak Miles Production untuk pembuatan skenario Petualangan Sherina dan Ada Apa dengan Cinta. Dua film yang sangat populer di awal tahun 2002.
  3. Julius Kusnidar. dalah Business Development and Financial Control Division Head FIFGROUP. Lahir pada tanggal 9 Juli 1975, di kota Bandung, Beliau anak pertama dari 3 bersaudara. Lulusan dari Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga fakultas Ekonomi ini memiliki hobby dalam dunia photography dan kesenian dan menyukai dunia olahraga yaitu sepak bola dan merupakan salah satu fans sejati Manchester United. Selain itu beliau juga memiliki ketertarikan pada dunia perfilman Indonesia, salah satu film karya anak bangsa yang sangat dia kagumi adalah Soekarno.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai DARIJADI Short Movie Competition silahkan hubungi :

email : darijadi@fifgroup.astra.co.id

web : http://fifgroup.co.id/darijadi/

 

 

 



Kontak Informasi: info[at]beritaseni.com
Press Release & Kirim Artikel: redaksi[at]beritaseni.com
Media Partner & Iklan iklan[at]beritaseni.com

Mari berjejaring dengan kami di Facebook dan Twitter

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*