Berita seni Indonesia, seni rupa dan desain, seni pertunjukan, seni musik, film, fashion, fotografi, arsitektur, sastra>

Cerdas Melakukan Akting, Sukses Menjadi Aktor

Cerdas Melakukan Akting, Sukses Menjadi Aktor
Ilustrasi : Film On The Way - Jeihan Angga

Akting diatas panggung maupun dalam film merupakan salah satu bentuk aksi mental yang dilakukan oleh seorang aktor. Oleh karena itu cerdas secara mental sangat dibutuhkan oleh seorang yang ingin menjadi aktor yang sukses. Dalam ilmu psikologi modern, cerdas secara mental berarti dia cerdas secara Intelektual, Emosional dan Spiritual, atau sering disebut IESQ (intelligence, Emotional and Spiritual Quotient).

Cerdas Melakukan Akting, Sukses Menjadi Aktor
Ilustrasi : Film On The Way – Jeihan Angga

Cerdas Intelektual (IQ) erat kaitannya dengan kemampuan kognitif yang dimiliki oleh individu. Hal ini menjelaskan sifat pikiran yang mencakup sejumlah kemampuan, seperti Daya ingat, memahami gagasan, penalaran, kemampuan verbal maupun visual, menggunakan bahasa, merencanakan, memecahkan masalah, berpikir abstrak, Angka dan hitungan, serta Kecepatan perseptual.

Dalam melakukan akting, daya ingat dibutuhkan untuk mengingat sekian banyak teks maupun ingatan emosi personal yang akan diimplementasikan dalam sebuah dialog. Dengan memahami setiap gagasan dalam naskah, seorang aktor akan lebih mudah menafsirkan skenario yang dibuat, sehingga ia juga akan lebih mudah untuk berbicara menggunakan bahasanya (secara verbal) maupun dengan gerak (secara visual). Kekuatan konsentrasi dan melakukan imajinasi juga termasuk dalam ranah ini.

Cerdas emosional (EQ) adalah kemampuan seseorang untuk menerima, menilai, mengelola, serta mengontrol emosi dirinya dan oranglain di sekitarnya. Kecerdasan emosional (EQ) tidak kalah penting dengan kecerdasan intelektual. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kecerdasan emosional dua kali lebih penting daripada kecerdasan intelektual dalam memberikan kontribusi terhadap kesuksesan seseorang.

Menurut Howard Gardner (1983) terdapat lima pokok utama dari cerdas secara emosional seseorang, yakni mampu menyadari dan mengelola emosi diri sendiri, memiliki kepekaan terhadap emosi orang lain, mampu merespon dan bernegosiasi dengan orang lain secara emosional, serta dapat menggunakan emosi sebagai alat untuk memotivasi diri.

Cerdas secara emosiaonal sangat dibutuhkan oleh seorang aktor, karena dunia akting merupakan aktivitas yang selalu melibatkan emosi didalamnya. Akting tanpa melibatkan emosi akan terlihat kering dan tak bernyawa.

Cerdas secara emosi berarti seseorang akan memiliki kemampuan mengelola emosinya saat bermain peran. Ia mampu mengolah dan mentransformasikan pengalaman batinnya kedalam sebuah adegan yang ada dalam naskah film. Saat berperan sedih, ia akan ikut merasakan sedih secara nyata bahkan hingga bisa menangis karena kesedihannya. Meski demikian ia tidak akan terlarut dalam kesedihan ketika adegan yang dibutuhkan sudah selesai.

Melibatkan emosi dalam sebuah akting akan sangat berpengaruh besar terhadap gerakan tubuh seseorang saat melakukan pengadeganan. Tingkah laku, roman muka, pengucapan dialog, pernafasan dan masih banyak lagi, juga akan ikut berubah sesuai dengan emosi yang sedang diperankan. (baca juga : Gerakan Tubuh & Suara Sebagai Modal Akting)

Cerdas spiritual (SQ) adalah kecerdasan jiwa yang membantu seseorang untuk mengembangkan dirinya secara utuh melalui penciptaan kemungkinan untuk menerapkan nilai-nilai positif. Kecerdasan spiritual yang berkembang dengan baik akan ditandai dengan kemampuan seseorang untuk mewujudkan hidup sesuai dengan visi dan misinya, memiliki tingkat kesadaran yang tinggi, mampu mandiri, serta pada akhirnya membuat seseorang mengerti akan makna hidupnya.

Dalam dunia akting cerdas secara spiritual menjadi sesuatu yang juga penting untuk dikuasai. Orang-orang yang telah matang di dunia peran dia akan lebih tau, untuk apa mereka menjadi aktor. Bukan hanya masalah popularitas dan uang tapi ada yang lebih penting dari itu, yakni “membuat kehidupan”.

bacaan : id.wikipedia.org/wiki/Kecerdasan



Kontak Informasi: info[at]beritaseni.com
Press Release & Kirim Artikel: redaksi[at]beritaseni.com
Media Partner & Iklan iklan[at]beritaseni.com

Mari berjejaring dengan kami di Facebook dan Twitter

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*