Berita seni Indonesia, seni rupa dan desain, seni pertunjukan, seni musik, film, fashion, fotografi, arsitektur, sastra>

Bonrojo – Ngobrol Bareng Komunitas Sarueh Padang

komunitas sarueh

Program pemutaran dan ngobrol film di BONROJO (nama lain Sriwedari) merupakan program pemutaran film dokumenter maupun fiksi yang diadakan sebulan sekali di Gedung ex. Solo Theater Sriwedari Solo. Dalam pemutaran perdana ini, Matakaca bekerjasama dengan Komunitas Sarueh Padangpanjang akan memutar dan ngobrol bareng kompilasi video akumassa (www.akumassa.org ) yang didalamnya terdapat  8 kompilasi film-film dokumenter.

komunitas sarueh

 

Negosiasi Atas Air

Tahun             : 2009

Durasi            : 9 menit

Pembuat        : Forum Lenteng dan Komunitas Gardu Unik

video ini menyajikan kehidupan masyarakat pesisir di laut Kejawanan, Cirebon. Berdasarkan wawancara dengan Pak Odi – pengurus pantai Kejawanan. Air laut di pantai ini berkhasiat untuk penyembuhan bagi penderita stroke, dan orang yang susah berjalan. Mungkin karena kadar garamnya tinggi, dan pasirnya yang halus. Atau karena pasir, kadar garam dan mineralnya yang tinggi di tambah dengan penetrasi cahaya. Untuk naik perahu dan mandi di tengah laut, pengunjung tawar-menawar tarif di atas perahu. Sesampainya di tempat yang diinginkan, mereka mandi dan mengambil airnya untuk dipakai mandi dirumah.

Tepian Sungai Ciujung

Tahun             : 2009

Durasi             : 13 menit

Pembuat        : Forum Lenteng dan Saidjah Forum

Video ini bercerita tentang kegiatan sehari-hari penduduk kawasan Kampung

Jeruk, Muara dan Kebon Kopi –Rangkasbitung pada tampian (rakit sumur serba guna) di kali Ciujung. Fungsi tampian bersifat ruang publik dalam urusan MCK (Mandi, Cuci dan Kakus) berubah menjadi ruang sosial yang sangat cair (intim). Curahan hati pengguna tampian menjadi representasi tentang masyarakat kota Rangkasbitung. Beragam ungkapan yang jujur atas peristiwa yang terjadi lusa atau pun kini terjalin lewat komunikasi antar personal.

Situ Kuru

Tahun             : 2009

Durasi             : 7 menit

Pembuat        : Forum Lenteng dan Komunitas Djuanda

Kepingan fragmen yang mengartikan kembali tentang Situ Kuru yang kian menyempit tertelan oleh pembangunan di kawasan sekelilingnya .

Apel Malam

Tahun             : 2009

Durasi             : 5 menit

Pembuat        : Forum Lenteng dan Komunitas Djuanda

“Apel” kecil satpam sebelum melaksanakan tugas berjaganya. Perintah dari sang komandan serta doa selalu menjadi rutinitas bagi si satpam.

“Kalo cowo gue nginep, gemana?”

Tahun             : 2009

Durasi             : 17 menit

Pembuat        : ForumLenteng dan Komka-Epicentrum

Myra, mahasiswi yang ingin mencoba indekos mencari tahu tentang kamar kos yang cocok dengannya. Pertanyaan mengenai keamanan, fasilitas, dan karakteristik penghuni kamar kos pun terlontar melalui pembicaraan lewat telepon. Trik jitu menyembunyikan kisah cinta terlarang di balik ketatnya aturan yang berlaku menjadi kesepakatan tidak tertulis penghuni kos-kosan.

Gelanggang Banca Lawe

Tahun             : 2009

Durasi             : 15 menit

Pembuat        : Forum Lenteng dan Kelompok Studi Sarueh

Sebuah ingatan seorang Fadly Nasrul sewaktu SMP menjual karcis pacuan kuda di Banca laweh dengan baju pramuka. Ia bertemu dengan Arief, siswa SMP penggemar berat pacuan kuda yang setiap hari sabtu bolos sekolah untuk melihat para joki melatih kuda pacuannya.

Penambang Kapur di Bukit Tui

Tahun             : 2009

Durasi             : 8 menit

Pembuat        : Forum Lenteng dan Kelompok Studi Sarueh

Proses pengolahan batu kapur di bawah kaki bukit Tui telah berlangsung bertahun-tahun yang lalu. Pekerjaan penambang batu kapur ini lebih banyak dilakoni oleh kaum wanita daripada kaum laki-laki. Dari kegiatan ini, banyak obrolan-obrolan maupun interaksi-interaksi social yang terjadi dalam bingkaian ini.

Projectionist Tua

Tahun             : 2009

Durasi             : 10 menit

Pembuat        : Forum Lenteng dan Kelompok Studi Sarueh

Video ini membingkai aktifitas karyawan di bioskop Karia yang hanya memiliki tiga orang karyawan. Salah satunya adalah Pak Udin sang Projectionist yang memutar filem sejak tahun 1935. Kegiatan sebelum, ketika dan sesudah memutar filem bisa kita lihat dari ruang projector yang berukuran sempit. Pita-pita seluloid dan alat pemutar filem yang usang telah menjadi saksi sebuah kejayaan sinema di masa silam. Bioskop ini dahulu mempunyai 15 orang karyawan.

Acara akan diadakan :

Hari Tanggal : Minggu, 14 Februari 2010

Jam : 19.00 – 22.00 WIB

Tempat : Gedung ex. Solo Theater Sriwedari (Jl. Slamet Riyadi 275 Solo)

Acara Diselenggarakan Oleh :

Matakaca, Gapura Seni dan Komunitas Sarueh

Didukung Oleh :

Lestude (Lembaga Studi Desain) Solo



Kontak Informasi: info[at]beritaseni.com
Press Release & Kirim Artikel: redaksi[at]beritaseni.com
Media Partner & Iklan iklan[at]beritaseni.com

Mari berjejaring dengan kami di Facebook dan Twitter

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*