Berita seni Indonesia, seni rupa dan desain, seni pertunjukan, seni musik, film, fashion, fotografi, arsitektur, sastra>

Boemboe Forum Ke-11 Siap Digelar Di Jakarta

Boemboe Forum Ke-11 Siap Digelar Di Jakarta
Boemboe Forum Ke-11 Siap Digelar Di Jakarta

Boemboe Forum sebagai sebuah ajang untuk mempertemukan film-film pendek dari beberapa daerah di Indonesia kembali di gelar. Forum yang juga mempertemukan para pembuat film dan penontonnya ini akan diselenggarakan pada Jumat-Sabtu (29-30/8) Pukul 17.30 – 22.00 WIB di Dapur Film Community, Jl. Ampera no.17, Gang JNE (depan SMA Sumbangsih), Jakarta Selatan.

Sebagai salah satu forum pembuat film pendek Indonesia, Boemboe Forum memberi kesempatan pada pembuat film pendek untuk memutar, mempresentasikan dan mempertanggungjawabkan karyanya pada audiens.

 Boemboe Forum Ke-11 Siap Digelar Di Jakarta
Boemboe Forum Ke-11 Siap Digelar Di Jakarta

Hari pertama acara Boemboe Forum akan diputar lima film pendek dengan menghadirkan pembuat film dari beberapa kota untuk melakukan presentasi. Dengan mengangkat tema “Ragam Pendek”, karya-karya yang akan diputar dan dipresentasikan diantaranya Another Colour TV (The Youngrrr), Kubu Terakhir (Benny Sumarna), End Chat (Ayu Dwi Astiti), Sepatu Baru (Aditya Ahmad) dan Pingitan (Orizon Astonia).

Tema “Jogja Night” diangkat untuk sesi pemutaran hari kedua acara Boemboe Forum. Tiga film asal kota Yogyakarta akan diputar dan dipresentasikan. Film-film tersebut diantaranya Wang Sinawang (Giras Baswondo), Pendekar Kesepian ((Yusron Fuadi) dan Gazebo (Seno Julius)

Boemboe adalah organisasi nirlaba yang dibentuk pada 2003 oleh Lulu Ratna dan Amin Shabana. Organisasi ini berfokus pada promosi dan distribusi film pendek. Dengan model organisasi kecil yang hanya terdiri dari 2 orang, Boemboe berharap dapat bekerja secara efektif sebagai penghubung (meeting point) antara pembuat film, penikmat film, pemilik tempat menggelar pemutaran film, peneliti film, dan pemilik data-data seputar film. Sejak 2004, Boemboe rutin menggelar Boemboe Forum, forum pembuat film pendek Indonesia.

Hari pertama Boemboe Forum, Jumat, 29 Agustus 2014 :

Another Colour TV – The Youngrrr, dokumenter, 8 min, 2013, Jakarta
Another Colour TV adalah sebuah film dokumenter yang menceritakan interaksi sebuah keluarga di depan televisi. Menggambarkan bagaimana televisi menjadi cara utama untuk melarikan diri dari kenyataan hidup.

Kubu Terakhir – Benny Sumarna, dokumenter, 30 min, 2012, Padang
Eko adalah seorang relawan yang tinggal bersama sekelompok suku kubu di Sumatera bagian tengah. Eko sangat senang mendongeng kepada para sahabatnya yaitu anak-anak di suku kubu. Dongeng yang diceritakan tentang pria yang berambut banyak dan rajin mencukur bulunya di sebuah salon. Dongeng orang-orang kota yang tidak pernah dapat dibayangkan oleh Bujang Padek, Gadih Bungo dan Habibah—bentuk realitas kota yang terlalu jauh dari kehidupan orang-orang Kubu yang damai di Lembah Banai.

— jam 19.30 break makan malam 15 menit —

End Chat – Ayu Dwi Astiti, fiksi, 10 min, 2013, Surabaya
Bercerita tentang interaksi dua remaja di era modern.

Sepatu Baru – Aditya Ahmad, fiksi, 14 min, 2013, Makassar
Bercerita tentang “perburuan” celana dalam oleh seorang anak perempuan. Berkeliling kampung kumuh di sela hujan, mencuri pakaian dalam untuk dilempar ke atap agar hujan berhenti, supaya ia bisa segera memakai sepatu barunya.

Pingitan – Orizon Astonia, fiksi, 14 min, 2013, Jakarta
Anissa adalah gadis pingitan yang hanya bisa bertemu calon suaminya, Adam, di malam hari. Lalu di malam hari mereka menghabiskan waktu bersama.

Hari Kedua Boemboe Forum, Sabtu, 30 Agustus 2014 :

Wang Sinawang – Giras Baswondo, fiksi, 33 min, 2014, Jogja

— jam 19.30 break makan malam 15 menit —

Pendekar Kesepian – Yusron Fuadi, fiksi, 20 min, 2013, Jogja
Sebuah percakapan panjang ngelantur empat muda-mudi yang tengah camping. Mereka membahas Clint Eastwood, alien, kopi dan tentu saja: seks.

Gazebo – Seno Julius, fiksi, 15 min, 2013, Jogja
Ahmad, Giman, Mumun, Jenni dan Winda mendapat jadwal untuk membersihkan perpustakaan sekolah. Pada saat Pak Guru keluar sebentar, mereka bermain. Ahmad membacakan cerita, sementara itu keempat temannya hanyut ke dalam cerita yang dibacakan Ahmad. Mereka bermain bersama sampai akhirnya menemukan sebuah kata yang membuat mereka takut.

Info RSVP : Boemboe Forum #11



Kontak Informasi: info[at]beritaseni.com
Press Release & Kirim Artikel: redaksi[at]beritaseni.com
Media Partner & Iklan iklan[at]beritaseni.com

Mari berjejaring dengan kami di Facebook dan Twitter

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*