Berita seni Indonesia, seni rupa dan desain, seni pertunjukan, seni musik, film, fashion, fotografi, arsitektur, sastra>

Batam Film Festival 2014

Batam Film Festival 2014 merupakan festival film yang diselenggarakan oleh KANPORA Batam dan Karya Anak Bangsa di Batam, Riau. Rangkaian kegiatan akan yang akan berlangsung diantaranya apresiasi seni dan film yang terdiri dari pertunjukan, pemutaran film, dialog/ diskusi film, pameran seni rupa film, perlombaan dan bazaar. Acara penganugerahan penghargaan Batam Film Festival 2014 akan dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 23 November 2014 di THE HILLS HOTELJl. Teuku Umar 1 Nagoya Batam

Dengan mengusung tema “Sumpah Kita Satu” dan sub tema “Kekayaan Negeri yang Menginspirasi”, Pendaftaran Batam Film Festival 2014 dibuka mulai 1 Juli 2014 – 31 Oktober 2014. Seleksi dan penjurian dilakukan oleh para Dewan Juri diantaranya; Yatie Surachman (Aktris), Heru Aceel (Sutradara), dan Eddie Karsito (Wartawan, Penulis Cerita Film & Pemerhati Film). 

Batam Film Festival 2014
Logo Batam Film Festival 2014

MAKNA TEMA & SUB-TEMA
“Sumpah Kita Satu” : “Sumpah” adalah sebuah pernyataan; janji atau ikrar yang teguh disertai tekad melakukan sesuatu ke arah yang lebih baik, di mana ikrar “Sumpah Pemuda 1928” sebagai nadinya. “Kita” sebagai bangsa besar yang berdaulat, yaitu; bangsa Indonesia dengan keragaman suku, etnisitas, agama, dan berbagai latar belakang budaya. Dan semua ini telah diikat dalam tekad yang “Satu” ; Satu Nusa — Satu Bangsa, Satu Bahasa, dan Satu Tanah Air Indonesia.

“Kekayaan Negeri yang Menginspirasi” : Indonesia memiliki keragaman dan keunikan budaya, serta nilai-nilai estetika yang terkandung di dalamnya. Indonesia terkenal dengan keindahan panorama alamnya, berbagai situs bersejarah yang sangat inspiratif, artefak, arsitektur menakjubkan, bermacam rupa kuliner, surga karya seni, serta filosofi hidup bermasyarakat yang mengagumkan.

Hadiah dan penghargaan Batam Film Festival 2014 akan diberikan pada para pemenang untuk delapan kategori, diantaranya :

  1. Film Bioskop Terelok : Sertifikat + Piala +Souvenir + Bingkisan Sponsor
  2. Film Televisi/SinetronTerelok : Sertifikat + Piala+Souvenir+ Bingkisan Sponsor
  3. Film Indie Terelok : Uang Tunai + Sertifikat + Piala+Souvenir+ Bingkisan Sponsor
  4. Skenario Film Indie TerElok : Uang Tunai + Sertifikat + Piala+Souvenir+ Bingkisan Sponsor
  5. Sutradara Film Indie TerElok : Uang Tunai + Sertifikat + Piala+Souvenir+ Bingkisan Sponsor
  6. Penata Gambar Indie TerElok : Uang Tunai + Sertifikat + Piala+Souvenir+ Bingkisan Sponsor
  7. Aktor Film Indie TerElok : Uang Tunai + Sertifikat + Piala+Souvenir+ Bingkisan Sponsor
  8. Aktris Film Indie TerElok : Uang Tunai + Sertifikat + Piala+Souvenir+ Bingkisan Sponsor.

Persyaratan peserta Batam Film Festival 2014 :

Peserta : adalah Pelajar dan Mahasiswa Indonesia, serta Pelajar Asing sebagai Peserta Peninjau /peserta dengan Penghargaan Khusus.

  1. Warga Negara Indonesia, dan Warga Negara Asing sebagai Peserta Tamu/Peninjau
  2. Peserta wajib mengisi Formulir Pendaftaran, melampirkan Susunan Staf Produksi, Susunan Pemain dan Peran (Aktor dan Aktris), Sinopsis, Skenario, Poster Film, dalam bentuk softcopy atau hardcopy. Dilengkapi foto copy identitas diri (KTP / kartu pelajar / kartu mahasiswa) Sutradara.
  3. Karya/cerita film Indie bertema “SUMPAH KITA SATU” / “Kekayaan Negeri yang Menginspirasi.”
  4. Peserta wajib mencantumkan tulisan “SUMPAH KITA SATU” / “Kekayaan Negeri yang Menginspirasi” pada materi film. 
  5. Karya/produksi Film Indie menggunakan bahasa Indonesia (wajib mencantumkan terjemahan/teks bahasa Indonesia yang jelas, bila sebagian ada menggunakan bahasa asing atau daerah).
  6. Durasi karya/cerita film Indie maksimal 60 menit.
  7. Karya/produksi Film Indie bebas menggunakan kamera dan alat produksi jenis apapun.
  8. Karya Film Indie orisinal/asli, belum pernah diikutsertakan dalam lomba lain, dan belum pernah dipublikasikan untuk kepentingan apapun.
  9. Peserta bertanggungjawab atas orisinalitas Film Indie yang dilombakan.
  10. Panitia tidak bertanggung jawab apabila dikemudian hari diketahui terdapat gugatan dari pihak lain yang berkaitan dengan Film Indie yang dilombakan.
  11. jika dikemudian hari ditemukan bukti bahwa karya pemenang diragukan keasliannya, maka penyelenggara berhak membatalkan dan menarik penghargaan/hadiah yang sudah diberikan.
  12. Isi/materi cerita Film Indie tidak mengandung konflik sara (suka, agama dan ras), serta berunsur pornografi.
  13. Peserta menyerahkan materi Film Indie dalam kemasan DVD rangkap 3 (tiga), atau Data Digital dengan resolusi minimal 720 x 576 dpi, atau format lainnya sepanjang compatible dengan alat audio visual yang digunakan panitia.
  14. Musik/lagu dan materi lainnya (foto, grafis, dan lain-lain) yang digunakan dalam film boleh menggunakan milik orang lain selama bersifat bebas atau telah memperoleh izin dari pemilik hak yang bersangkutan. 
  15. Peserta dapat mengikut sertakan maksimal 2 (dua) karya dengan kelompok yang sama atau berbeda.
  16. Pengiriman materi Film Pendek bisa melalui pos atau diantar langsung ke Sekretariat Panitia Batam Film Festival 2014 di Komplek Pertokoan Trafalgar Blok T No.29 Taman Duta Mas Batam 29453 Phone : (0778) 468979 Seluler : 081326940044-087791029389 Email : batamfilmfestival@gmail.com Web : batamfilmfestival.com
  17. Panitia menerima pengiriman materi Film Indie, sejak 1 Juli 2014 sampai dengan 31 Oktober 2014.
  18. Panitia sewaktu-waktu berhak mengambil cuplikan-cuplikan adegan film /gambar film peserta untuk dijadikan materi promosi, yang ditayangkan melalui media elektronik, media cetak, maupun dalam format media promosi lainnya.
  19. Peserta wajib mengunggah (upload), karyanya ke media jejaring sosial /media online; YouTube, facebook, dan media sosial lainnya, sehingga karya sinema alternatif ini dapat diapresiasi, dinikmati, mengedukasi, memotivasi, dan menginspirasi masyarakat.
  20. Peserta wajib memahami lomba dan menyepakati seluruh ketentuan lomba

Batam Film Festival 2014 diselenggarakan dengan harapan dapat menjadi sarana berkreasi dan berekspresi bagi anak-anak muda sekaligus sebagai upaya pendokumentasian dan publikasi potensi alam dan budaya Indonesia yang dapat menggulirkan Indonesia sebagai bangsa untuk mencapai tingkat peradaban yang lebih tinggi. Sebuah festival yang menjadi ajang kreasi dan berekspresi bagi anak-anak muda Indonesia masa kini menuju masa depan.

Sekretariat Panitia Penyelenggara
BATAM FILM FESTIVAL 2014
Komplek Pertokoan Trafalgar Blok T No.29 Taman Duta Mas Batam 29453
Phone : (0778) 468979 Seluler :  081326940044-087791029389
Email : batamfilmfestival@gmail.com

INFORMASI SELENGKAPNYA DAPAT DIAKSES MELALUI
Web : batamfilmfestival.com



Kontak Informasi: info[at]beritaseni.com
Press Release & Kirim Artikel: redaksi[at]beritaseni.com
Media Partner & Iklan iklan[at]beritaseni.com

Mari berjejaring dengan kami di Facebook dan Twitter

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*