Berita seni Indonesia, seni rupa dan desain, seni pertunjukan, seni musik, film, fashion, fotografi, arsitektur, sastra>

Angkat film Jember, Layar Kemisan Undang Garin Nugroho

Layar Kemisan kembali menggelar pemutaran dan diskusi film Edisi Jember & Sekitarnya dengan pembicara Garin Nugroho pada tanggal 30 Oktober 2014 Pukul 19.30 WIB di Halaman Tengah Fakultas Sastra, Universitas Jember. Program ini terselenggara secara rutin sebulan sekali sebagai respons atas minimnya distribusi dan ruang-ruang apresiasi terhadap film-film jember.

film jember dan sekitarnya

Empat film fiksi pendek akan diputar dalam acara Layar Kemisan Edisi Jember & Sekitarnya. Adapun film Fiksi Pendek yang akan diputar diantaranya film Kalung karya Hussayinul Fawaid, Rahasia Sang Pelangi karya Mochammad Rosyid, Gejolak karya Ahmad Faiz Ali Perdana, dan 110 karya Farid Auliya. Selain Memutar Film, dalam program Layar Kemisan bulan Oktober juga akan ada Diskusi Bersama Sutradara Film “Opera Jawa”, Garin Nugroho.

Seperti yang dulansir dari id.wikipedia.org, Garin Nugroho Riyanto atau yang lebih dikenal dengan Garin Nugroho merupakan salah satu produser dan sutradara Indonesia yang mulai dikenal luas setelah film panjang pertamanya, yaitu Cinta dalam Sepotong Roti (1990). Lalu, film keduanya, Surat Untuk Bidadari (1992) membawa namanya ke panggung film internasional. Garin Nugroho juga peduli pada masalah lingkungan hidup, hal tersebut setidaknya tercermin dalam filmnya yang bertema lingkungan, yaitu Under The Tree. Ia juga mendirikan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang bernama SET pada tahun 1987. LSM tersebut bertujuan untuk membuat bahasa yang baru, menciptakan spirit penciptaan dan membuat komunitas.

Dalam hal film, Garin Nugroho memulai kariernya sebagai kritikus film dan pembuat film dokumenter. Ia telah menyelesaikan sedikitnya dua puluh film (dokumenter, film pendek dan film panjang). Pada perayaan 250 tahun Mozart, ia terpilih sebagai salah satu dari enam sutradara inovatif dunia untuk membuat film yang kemudian melahirkan Opera Jawa.

Di bidang musik, Garin Nugroho sempat membuat video klip January Christy, Titi DJ, Krakatau (grup musik), Katon Bagaskara, Paquita Widjaya, Edo Kondologit dan Gong 2000. Salah satu karya video klipnya, yaitu Negeri di Atas Awan (dinyanyikan oleh Katon Bagaskara) berhasil mendapat Trofi Visia pada final Video Musik Indonesia Periode II 1994/1995.

Layar Kemisan merupakan program pemutaran rutin yang diadakan setiap hari kamis setiap bulannya oleh Komunitas Pemutaran #LayarKemisan. Untuk informasi acara dapat menghubungi Elmi (089696681031) dan Fauzi (08990507962).



Kontak Informasi: info[at]beritaseni.com
Press Release & Kirim Artikel: redaksi[at]beritaseni.com
Media Partner & Iklan iklan[at]beritaseni.com

Mari berjejaring dengan kami di Facebook dan Twitter

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*