Berita seni Indonesia, seni rupa dan desain, seni pertunjukan, seni musik, film, fashion, fotografi, arsitektur, sastra>

8 Hal Penting Dalam Membuat Press Release

Membuat press release ke berbagai media menjadi kebutuhan penting untuk mempublikasikan sebuah acara, baik acara pemutaran film, festival maupun acara lainnya. Membuat press release bukan hanya berfungsi sebagai media sosialisasi acara, namun juga dapat berfungsi untuk membangun brand image acara sekaligus organisasi/lembaga penyelenggara.

Naskah press release biasanya dibuat oleh divisi publikasi dalam sebuah event. Divisi inilah yang memiliki tanggung jawab besar dalam menyampaikan berita tentang acara ke publik, semakin gencar dia melakukan publikasi maka akan semakin populer event yang dipublikasikan.

Pada dasarnya membuat press release adalah membuat berita, oleh karena itu beberapa aturan harus dipenuhi meski hanya dalam selembar berita. 8 hal penting yang harus dilakukan saat membuat press release diantaranya :
  1. Tentukan kapan Press Release harus dimuat dalam media. Hal ini biasanya bisa ditulis dengan “Untuk Disiarkan Segera” atau “Untuk Disiarkan Tanggal …”
  2. Buatlah judul yang menarik, karena dari judul tersebut akan cukup mewakili isi dari berita yang akan ditulis. Adapun panjang judul press release sekitar 40-70 karakter.
  3. Buatlah format hardnews, yakni format berita yang to the point dengan meletakkan informasi paling penting berada di paragraf pertama, paragraf selanjutnya merupakan detil acara.
  4. Memenuhi kaidah universal sebuah berita, yakni bisa memberi informasi secara lengkap meski singkat. rumus yang paling umum digunakan adalah dengan mengikuti 5W+1H (What, Who, When, Where, Why + How /Apa, Siapa, Kapan, Dimana, Mengapa + Bagaimana)
  5. Buatlah press release secara singkat, padat dan jelas, panjang berita maksimal 1,5 halaman serta jangan gunakan kalimat yang bertele-tele.
  6. Berilah kontak yang bisa dihubungi, baik lewat telepon, email, hp, fax, BBM maupun web/blog sebagai rujukan.
  7. Lampirkan gambar, bisa berupa foto, grafik, tabel maupun poster acara.
  8. Lampirkan  data-data lain di lembar yang berbeda (misalnya daftar sinopsis film, profil penyelenggara, jadwal acara atau yang lainnya) hal ini berguna untuk memberi data tambahan jika diperlukan oleh media.

Kemampuan mengemas press release secara menarik, aktual, faktual dan penting, sangat dibutuhkan dalam rangka mencuri perhatian banyak media. Semakin banyaknya media lokal, nasional, baik media cetak maupun online menjadi peluang tersendiri untuk memperluas publikasi dan memperkuat posisioning setiap agenda acara yang dibuat. Semakin banyak media yang memuat dan membahas isu acara, maka akan mampu menumbuhkan ketertarikan publik yang lebih tinggi, meningkatkan prestis acara, dan meningkatkan kepercayaan dengan berbagai pihak.



Kontak Informasi: info[at]beritaseni.com
Press Release & Kirim Artikel: redaksi[at]beritaseni.com
Media Partner & Iklan iklan[at]beritaseni.com

Mari berjejaring dengan kami di Facebook dan Twitter

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*